...
0

Gubernur Lemhannas Sorot Pemilu 2024: Ada Risiko Pelibatan Asing

RajaBackLink.com
gubernur-lemhannas-sorot-pemilu-2024:-ada-risiko-pelibatan-asing

CNN Indonesia

Selasa, 03 Okt 2023 17:11 WIB

Gubernur Lemhannas memetakan potensi ancaman Pemilu 2024, mulai dari risiko pelibatan asing sampai friksi dalam tubuh koalisi partai pemerintah.
Gubernur Lemhannas Andi Widjajanto menyebut ada potensi risiko kemungkinan pelibatan pihak asing pada Pemilu 2024. (CNN Indonesia/Muhammad Arief)

Jakarta, CNN Indonesia

Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) Andi Widjajanto mengungkap sejumlah potensi ancaman dan risiko dalam penyelenggaraan Pemilu 2024 terhadap keamanan Indonesia.

Berdasarkan kajian Lemhannas Andi mengatakan ada kemungkinan kemunculan risiko keamanan yang diakibatkan keterlibatan pihak asing.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Ada risiko yang terkait dengan digital demokrasi tentang media sosial, ada risiko yang kami amati tentang kemungkinan pelibatan asing dan seterusnya,” kata Andi saat ditemui wartawan di Gedung Lemhannas, Jakarta, Selasa (3/10).

Dia mengaku telah membuat penilaian terkait skala ancaman dari berbagai risiko tersebut, disertai dengan upaya pencegahan dan penanggulangan.

Hasil kajian juga telah dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo secara langsung dan berkala.

“Risiko-risiko itu kami buat skornya setiap bulan dan kami berikan lengkap dengan saran-saran mitigasi,” jelas Andi.

Kendati demikian, Andi mengaku tak bisa menjelaskan secara rinci risiko-risiko yang dimaksud lantaran kajian tersebut bersifat rahasia. Termasuk soal pihak asing yang berpotensi merecoki Pemilu 2024.

“Tidak bisa saya jelaskan secara detail ya karena sifat kajiannya tertutup,” ujar Andi.

Selain itu, Andi turut menyebut gesekan politik menjadi potensi risiko tertinggi yang dapat mengancam keamanan Indonesia.

Ia juga menyebut perkembangan politik menuju pemilu mendatang dapat menciptakan gesekan politik di kubu koalisi pemerintahan saat ini.

“Risiko paling tingginya friksi politik. Friksi politik karena dinamika politik yang ada menunjukkan kemungkinan 2024 diwarnai friksi politik yang cukup tajam di dalam koalisi pemerintahan,” tandasnya.

(mab/wis)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika ingin menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Gubernur
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com