0

Projo Jatim hingga Relawan di Bali Dukung Gibran Jadi Bacawapres 2024

RajaBackLink.com
projo-jatim-hingga-relawan-di-bali-dukung-gibran-jadi-bacawapres-2024

Surabaya, CNN Indonesia

Suara yang menghendaki putra bungsu Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka menjadi bakal cawapres pada Pemilu 2024 muncul di Jawa Timur dan Bali akhir pekan lalu.

Persoalannya, Gibran yang merupakan Wali Kota Solo itu belum cukup umur untuk mendaftar menjadi peserta Pilpres 2024 sesuai UU Pemilu. UU Pemilu yang mengatur batas minimal usia peserta Pilpres itu pun saat ini tengah digugat di Mahkamah Konstitusi (MK).

Mayoritas Relawan Pro Joko Widodo (Projo) Jawa Timur menyatakan dukungan ke Prabowo Subianto dan Gibran sebagai bakal calon presiden (capres) dan cawapres 2024.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pelaksana tugas (Plt) DPD Projo Jatim Handoko mengatakan nama Prabowo dan Gibran muncul dari proses pemungutan suara yang diambil dari DPC Projo se-Jatim, pada Konferda Projo yang mereka gelar Sabtu (7/10) kemarin.

“Hasil sidang pleno adalah dari 29 suara yang masuk untuk bakal calon presiden dari DPC mengajukan Pak Prabowo Subianto, tiga DPC Pak Ganjar Pranowo, dan sisanya ikut keputusan DPP,” kata Handoko, Minggu (8/10).

Sedangkan, hasil pemungutan suara bakal calon wakil presiden, sebanyak 22 DPC Projo mengusulkan Gibran Rakabuming dan tujuh suara mendukung Ganjar Pranowo.

“Sisanya ada satu DPC usul Pak Prabowo, satu DPC Bu Khofifah, dan satu DPC Pak Mahfud MD,” ujarnya.

Handoko menyebut hasil konferda itu masih bersifat usulan atau rekomendasi. Nantinya DPD Projo Jatim akan membawanya ke Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Projo yang digelar 14 Oktober 2023.

“Kami ini suara dari Jatim, nanti hasil rakernas memutuskan siapa yang didukung oleh DPP dan kami mengikuti,” ucapnya.

Hendro mengatakan Prabowo-Gibran paling banyak diusulkan karena keduanya dinilai bisa saling melengkapi satu sama lain.

Menurut mereka, Prabowo memiliki karakter berani, tegas dan berwibawa. Sedangkan Gibran dipandang sebagai representasi kelompok anak muda.

“Mas Gibran punya aspek sendiri dekat dengan demografis kami yang mayoritas generasi muda,” kata dia.

Selain itu, Prabowo dan Gibran juga dinilai dekat dengan Jokowi. Handoko pun mengklaim anggota Projo sudah paham langkah yang diambil kepala negara itu.

“Kawan-kawan ini sudah mengikuti gerak langkah Pak Jokowi sejak 2013, tentu bisa membaca gestur, arah, gaya komunikasi dari Pak Jokowi yang itu patron Projo,” kata dia.

Sejumlah relawan Gibran Untuk Negeri (GUN) Provinsi Bali, resmi mendeklarasikan dukungan untuk Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka menjadi calon wakil presiden (cawapres) di Pilpres 2024, di Denpasar, Bali, Minggu (8/10).Relawan Gibran Untuk Negeri (GUN) Provinsi Bali, resmi mendeklarasikan dukungan untuk Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka menjadi Bacawapres di Pilpres 2024, di Denpasar, Bali, Minggu (8/10). (CNN Indonesia/Kadafi)

Relawan Gibran di Bali

Terpisah, sejumlah relawan yang tergabung dalam kelompok Gibran Untuk Negeri (GUN) Provinsi Bali, resmi mendeklarasikan dukungan untuk putra bungsu Jokowi itu agar menjadi calon wakil presiden (cawapres) di Pilpres 2024.

Ketua DPD GUN Bali AA Gede Agung Wedhatama mengatakan mereka mendeklarasikan Gibran sebagai sosok anak muda berbakat untuk menjadi pemimpin di Indonesia.

“Kalau di Bali ini anggota Gun Bali secara organik, yaitu gerakan relawan dan gerakan dari hati dan rasa, dan teman-teman muda Bali yang pengen mengangkat anak muda sebagai cawapres 2024-2029, dan ayo kita bersama medukung Gibran sebagai cawapres 2024-2029,” kata Wedhatama, di acara deklarasi, di Denpasar, Bali, Minggu (8/10).

Adapun alasan lain mereka mendukung Gibran karena untuk meneruskan pekerjaan Jokowi setelah dua periode kepresidenan.

“Sekarang kan hanya Gibran di nasional dan untuk meneruskan legacy (Presiden) Jokowi yang bisa menjadi harapan kami ke depan. Kami sudah keliling nusantara melihat ke Kalimantan, Sumatera, Papua melihat hasil nyata Bapak Jokowi dan memang hasil ini harus ditingkatkan dengan digitalisasi teknologi dan kami yakin anak muda yang bisa melakukan itu. (Presiden) Jokowi mungkin jiwanya sangat muda, memalui Gibran besar harapan kami,” ujarnya.

Ketua Umum GUN nasional, Thedorus Randy Aditya, yang juga hadir di deklarasi itu menyatakan mereka akan meramaikan seluruh Indonesia dengan slogan, ‘Gibran The Next Jokowi‘.

“Kami percaya, kami anak-anak muda butuh sosok pemimpin muda yang berbakat multi talenta punya pengalaman, Mas Gibran kami percaya akan menjadi cawapres yang baik mendampingi calon presiden dan para senior untuk ikut kontestasi di 2024-2029,” ujarnya.

Sementara, saat ditanya apakah ada rekomendasi dari Gun untuk berdampingan dengan capres di 2024 seperti Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto. Pihaknya kembali menyatakan bahwa untuk hal tersebut mengikuti keputusan Gibran.

Sekretaris Jenderal GUN nasional Dhimas Putra Endrassanto meskipun mendukung Gibran, mereka akan menghormati apapun putusan MK soal batas usia capres-cawapres pihaknya akan menghormatinya.

“Kita harus juga hormati keputusan MK nanti ke depannya seperti apa. Karena kita melihat pendaftaran capres dan cawapres juga sebentar lagi apapun keputusannya kita harus hargai keputusan MK. Karena ini negara hukum, negara demokrasi yang harus kita junjung setinggi-tingginya,” ujarnya. 

Respons Prabowo

Sementara itu di kediamannya di Jakarta, Prabowo mengaku menerima usulan agar dirinya menggandeng Gibran sebagai bacawapres di Pilpres 2024. Salah satunya dari Kelompok relawan Solidaritas Ulama Muda Jokowi (Samawi) yang baru mengadakan kegiatan di Jakarta dan dihadiri Jokowi.

Prabowo mengatakan soal Gibran itu, dia mendengar juga harapan serupa di daerah-daerah.

“Saya paham keinginan generasi muda untuk berpartisipasi secara aktif untuk memiliki sesuatu perwakilan yang nyata di dalam perpolitikan Indonesia, dan saya mengerti, di daerah pun saya mendengar harapan-harapan seperti itu,” kata Prabowo di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, pada Sabtu (7/10) malam.

Namun, Prabowo menegaskan Gerindra tergabung dengan Koalisi Indonesia Maju yang berisi banyak partai.

Oleh karenanya, ia mengatakan usulan itu akan dikomunikasikan dengan partai lain dalam koalisi.

“Kita punya kesepakatan adalah ketua-ketua umum akan musyawarah mufakat untuk bersama-sama memutuskan siapa wakil presiden, jadi yang penting saya terima masukan dari saudara-saudara dan akan saya bawa ke forum Koalisi Indonesia Maju,” katanya.

(frd, kdf/kid)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika ingin menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Projo
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com
RajaBackLink.com
Postingan Lainnya
RajaBackLink.com