0

Gibran Sentil Panda PDIP soal Jadi Walkot Solo Berkat Cawe-cawe Jokowi

RajaBackLink.com
gibran-sentil-panda-pdip-soal-jadi-walkot-solo-berkat-cawe-cawe-jokowi

CNN Indonesia

Jumat, 13 Okt 2023 09:20 WIB

Gibran menilai pernyataan politikus senior PDIP Panda Nababan soal cawe-cawe Jokowi bisa menjadikannya Wali Kota Solo membuat resah.
Wali Kota Solo Gibran (kanan) dan bapaknya Presiden Jokowi. (ANTARA FOTO/Rachman)

Solo, CNN Indonesia

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka merespons pernyataan politikus senior PDIP, Panda Nababan yang menuding ia bisa menjadi calon wali kota Solo di Pilkada 2020 berkat cawe-cawe bapaknya, Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dalam acara ‘The Political Show’ CNNIndonesia TV, Senin (25/9) malam, Panda menceritakan Jokowi menemui Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk meminta Gibran dicalonkan menjadi Wali Kota Solo.

Gibran mengklaim sama sekali tidak tahu-menahu mengenai pertemuan soal cawe-cawe yang dimaksud Panda Nababan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Enggak tahu. Tanya ke DPP,” kata Gibran saat ditemui di Balai Kota Solo, Kamis (12/10).

Gibran merasa tidak ada yang aneh dengan pencalonannya sebagai Wali Kota Solo lewat PDIP. Menurutnya, semua tahapan di internal partai sudah ia jalani sebelum berkompetisi di Pilkada Solo 2020.

“Kita kan melalui semua prosesnya. Fit and proper test dan lain-lain,” katanya.

Selain membeberkan campur tangan Jokowi, Panda juga mengungkit perlakuan istimewa yang diberikan PDIP kepada Gibran. Gibran menggeser Achmad Purnomo yang saat itu sudah diusulkan DPC Solo ke DPP PDIP untuk maju di Pilkada 2020.

Tak hanya itu, menurut Panda, di peraturan internal PDIP, seseorang hanya bisa menjadi calon kepala daerah jika sudah menjadi kader PDIP minimal dua tahun. Sementara Gibran saat itu baru mendaftar di PDIP beberapa bulan sebelum Pilkada Solo.

Terkait hal itu, Gibran menegaskan statusnya sebagai anak presiden tidak serta-merta menjadikannya Wali Kota Solo. Ia tetap harus mendapat dukungan dari masyarakat untuk memenangi Pilkada.

“Ya silakan diungkit. Dikasih tiket, dikasih karpet merah, dikasih keistimewaan, kalau warga tidak mau memilih, pasti saya akan kalah,” katanya.

Lebih lanjut, Gibran mengaku siap menerima saran dan masukan dari seniornya di PDIP tersebut. Hanya saja ia berharap pernyataan Panda Nababan tersebut tidak diumbar ke publik.

“Saya dipanggil langsung, diberi teguran, pasti saya terima. Tapi kalau statement-statement seperti ini nanti warga jadi resah,” katanya.

[Gambas:Video CNN]

(syd/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika ingin menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Gibran
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com
RajaBackLink.com
Postingan Lainnya
RajaBackLink.com