...
0

Bukan Enak, 5 Kandungan Makanan Berikut Malah Bikin Bad Mood

RajaBackLink.com
bukan-enak,-5-kandungan-makanan-berikut-malah-bikin-bad-mood

CNN Indonesia

Minggu, 15 Okt 2023 05:47 WIB

Bukan cuma gula dan karbohidrat berlebih, ada kandungan makanan lainnya yang bisa bikin bad mood.
Bukan cuma gula dan karbohidrat berlebih, ada kandungan makanan lainnya yang bisa bikin bad mood (iStock/Koldunov)

Jakarta, CNN Indonesia

Rasanya tak perlu dipungkiri makan bisa memengaruhi kebahagiaan. Apalagi mengonsumsi makanan favorit saat diri merasa lelah, sedih, ataupun kecewa.

Namun jangan salah, makanan juga bisa membuat perasaan atau mood menjadi lebih buruk. Bukan soal rasa ataupun sajian, tapi dari kandungannya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Beberapa penyebab utama pola makanan yang membuat suasana hati menurun atau bad mood adalah terlalu banyak gula dan terlalu banyak pati serta karbohidrat olahan,” kata terapi nutrisi Inggris, Claudia Smith, kepada Huffington Post.

“Bila terlalu banyak makan ini, Anda bisa mengalami lonjakan dan penurunan gula darah, yang menyebabkan gejala seperti suasana hati yang buruk, sensitif, kabut otak, cemas, lelah, dan sulit konsentrasi,” lanjutnya.

Bukan cuma gula dan karbohidrat berlebih, ada kandungan makanan lainnya yang bisa bikin bad mood:

1. Alkohol

Kandungan alkohol dalam makanan sebenarnya bisa menaikkan cita rasa, seperti sedikit wine dalam masakan, hingga alkohol alami dalam tape dan durian.

Namun pakar gizi dari Inggris, Tai Ibitoye, menyebut konsumsi alkohol secara reguler bahkan berlebihan bisa memperburuk kondisi mood.

Hasil penelitian menyebut mengonsumsi alkohol memang punya sejumlah manfaat jangka panjang. Namun Mayo Clinic menegaskan, tak sepatutnya alasan itu digunakan untuk mengonsumsi alkohol.

Klinik kesehatan terkemuka itu memberikan rekomendasi asupan alkohol seseorang tidak lebih dari 350 ml bir atau 140 ml wine per hari.

Ilustrasi diet sodaperlu diingat soda juga mengandung gula yang sangat cepat diserap tubuh dan bisa memicu lonjakan gula darah. iStockphoto/Nednapa

2. Soda

Minum soda kala siang hari yang terik memang menyegarkan. Namun perlu diingat soda juga mengandung gula yang sangat cepat diserap tubuh dan bisa memicu lonjakan gula darah.

Apakah bisa mengganti dengan soda tanpa gula alias zero sugar? Sesungguhnya cara ini bukan pilihan yang lebih baik.

Pemanis buatan seperti aspartam dalam soda ‘diet’ sering berhubungan dengan kecemasan dan depresi, menurut sebuah studi pada 2014. Teh dan air biasa adalah pilihan yang lebih baik.

Lanjut ke sebelah…


Bukan
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com