0

Pertama Kalinya, Miss Universe Bakal Diikuti 2 Wanita Transgender

RajaBackLink.com
pertama-kalinya,-miss-universe-bakal-diikuti-2-wanita-transgender

Jakarta, CNN Indonesia

Tahun 2023 ini bakal menjadi tahun pertama ajang Miss Universe bakal menampilkan dua kontestan transgender. Setelah bulan Juli lalu, Rikkie Kolle dinobatkan wanita transgender menjadi Miss Netherlands, minggu lalu, seorang pramugari berusia 23 tahun Marina Machete yang juga transgender dinobatkan sebagai Miss Portugal.

Machete dan Kolle akan bersaing memperebutkan mahkota pada kompetisi Miss Universe ke-72 di El Salvador pada bulan November.

Dalam sebuah video yang diposting ke saluran YouTube kontestan Portugal tersebut menjelang kontes, Machete berbicara tentang hak-hak trans sebagai bagian dari platformnya, dan menggambarkan meningkatnya tingkat “transphobia dan intoleransi” di seluruh dunia sebagai hal yang “mengkhawatirkan.”

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dia menambahkan bahwa “mengharukan” melihat Organisasi Miss Universe, yang mengubah peraturannya untuk mengizinkan kontestan trans pada tahun 2012, menjadi inklusif dan “mendobrak batasan.”

“Sebagai seorang perempuan trans, saya telah melalui banyak rintangan dalam perjalanannya, namun untungnya, dan terutama dengan keluarga saya, cinta terbukti lebih kuat daripada ketidaktahuan,” ujarnya dalam video tersebut.

Baik Machete maupun penyelenggara Miss Portugal tidak menanggapi permintaan wawancara dari CNN, meskipun dalam sebuah pernyataan kepada CNN, Organisasi Miss Universe mengatakan: “Perempuan trans adalah perempuan, titik. Kami di sini untuk merayakan wanita, titik. Hal ini telah terjadi selama lebih dari satu dekade, dan kami bangga telah melakukan perubahan ini sejak dini, dibandingkan dengan program lainnya.”

Sebenarnya, ini bukan tahun pertama Miss Universe memiliki kontestan transgender. Sebelumnya di 2018, Angela Ponce dari Spanyol menjadi kontestan transgender pertama di kontes tersebut, tapi sayangnya belum berhasil masuk final.

Pada tahun 2022, Organisasi Miss Universe dibeli oleh taipan media Thailand dan pembela hak-hak transgender Anne Jakkaphong Jakrajutatip, bintang reality show versi Thailand seperti “Project Runway,” seharga US$20 juta. Jakrajutatip, yang juga CEO JKN Global Group, sebuah perusahaan distribusi media yang berbasis di Thailand, blak-blakan tentang pengalamannya sebagai perempuan trans.

Dalam sebuah pernyataan yang diberikan kepada CNN pada hari Kamis, Organisasi Miss Universe mengatakan mereka “selalu berkembang” dan memperbarui peraturan masuk, menambahkan bahwa dalam dua tahun terakhir wanita yang sudah menikah dan bercerai, wanita hamil dan wanita dengan anak telah diizinkan untuk bergabung. Pada tahun 2024, penyelenggara juga akan menghapus batasan usia yang saat ini membatasi masuknya mereka yang berusia 28 tahun ke bawah.

“Mulai tahun depan, setiap wanita dewasa di dunia berhak bersaing menjadi Miss Universe,” tambah pernyataan itu.

Di ajang Miss Universe 2023 ini, Indonesia juga akan mengirimkan perwakilannya yaitu Fabienne Nicole Groeneveld.

(chs)

[Gambas:Video CNN]

Pertama
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com
RajaBackLink.com
Postingan Lainnya
RajaBackLink.com