...
0

Gibran Tetap Bisa Jadi Peserta Pilpres Meski Revisi PKPU Belum Rampung

RajaBackLink.com
gibran-tetap-bisa-jadi-peserta-pilpres-meski-revisi-pkpu-belum-rampung

CNN Indonesia

Sabtu, 28 Okt 2023 06:30 WIB

KPU menegaskan mengikuti putusan MK yang mengubah pasal soal syarat usia pencalonan presiden dan wakil presiden.
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka saat akan menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, 26 Oktober 2023. (CNNIndonesia/Adi Ibrahim)

Jakarta, CNN Indonesia

KPU memastikan Gibran Rakabuming Raka tetap bisa lolos sebagai peserta Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 meskipun revisi Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 19 Tahun 2023 belum rampung.

Ketua KPU Hasyim Asy’ari mengatakan KPU mengikuti putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang secara final dan mengikat mengubah pasal pada UU Pemilu Nomor 7 Tahun yang mengatur soal syarat pencalonan presiden dan wakil presiden.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Ya, demi konstitusi [tetap bisa jadi peserta Pemilu],” kata Hasyim di kantor KPU, Jakarta, Jumat (27/10).

Ia menjelaskan PKPU merupakan turunan dari undang-undang. Maka, meskipun revisi PKPU belum selesai, ketentuan syarat peserta pemilu mengikuti hasil putusan MK.

Menurut putusan mahkamah, capres-cawapres berusia minimal 40 tahun. Pengecualian bagi orang di bawah 40 tahun yang pernah menjabat sebagai kepala daerah lewat pemilu.

“PKPU kan turunan dari undang-undang, ikuti undang-undang,” ujarnya.

Pada Jumat (27/10), KPU telah mengumumkan hasil tes kesehatan tiga pasangan bakal capres-cawapres untuk Pilpres 2024. Ketiga pasangan yang mendaftar dinyatakan lolos tes kesehatan.

Ketiga pasangan itu adalah Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Penetapan pasangan calon diumumkan pada 13 November 2023. Sementara pengundian nomor urut digelar pada 14 November 2023.

(yla/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika ingin menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Gibran
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com