0

Motor Listrik Swap Baterai Diklaim Lebih Praktis

RajaBackLink.com
motor-listrik-swap-baterai-diklaim-lebih-praktis

CNN Indonesia

Senin, 30 Okt 2023 16:30 WIB

Penggunaan sepeda motor listrik terbagi dalam dua jenis, yakni beli baterai dan tukar baterai atau model swap.
Swap battery station untuk pengisian baterai motor listrik. (CNNIndonesia/Muhammad Ikhsan)

Jakarta, CNN Indonesia

Penggunaan sepeda motor listrik di Indonesia terbagi dalam dua jenis, yakni beli dan tukar baterai atau model swap.

Sistem beli motor sekaligus baterainya, misal ada kerusakan dan masih dalam masa garansi akan diganti pihak pabrikan. Namun jika baterai rusak setelah masa garansi habis, maka akan dibebankan ke pemilik motor listrik.

Sementara kondisi itu tidak berlaku untuk sistem swap. Sebab beban perawatan baterai ditanggung pihak pabrikan. Pemilik cukup pakai dengan sistem sewa per bulan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Pengguna motor listrik baterai swap akan lebih diuntungan. Model swap karena konsumen enggak usah khawatir daya baterainya habis tinggal tikat. Kedua masyarakat tidak usah bingung baterai rusak karena dibebankan ke pabrikan,” kata Billy Wibisono Product and Service Development Planet Ban ditemui di acara Indonesia Motorcycle Show (Imos) 2023, ICE BSD, Tangerang akhir pekan lalu.

Menurut Billy, baterai swap akan menjadi salah satu kebutuhan para pengguna motor listrik karena pemakaiannya sangat mudah ketika daya baterai habis dalam perjalanan.

Baterai bisa ditukar di outlet-outlet yang tersedia tanpa harus antre isi daya di stasiun pengisian umum.

Planet Ban merupakan jaringan yang menaungi motor listrik Savart Motors.

Konsumen yang bisa melakukan penukaran baterai di Planet Ban adalah pembeli motor listrik Savart yang menggunakan skema baterai swap dengan sistem berlangganan Rp420 ribu per bulan atau 1.000 km.

“Saat ini lebih dari 1.100 outlet di Indonesia. Swap battery station mulai tersedia akhir tahun ini, diutamakan di wilayah Jakarta,” ucap Billy.

Selain Savart, ada sejumlah perusahaan motor listrik menerapkan sistem tukar baterai kosong dengan yang sudah terisi, yakni Smoot dan Gesits.

Sementara itu ada juga sistem sewa baterai seperti Polytron.

Skema yang ditawarkan, konsumen harus melakukan sewa dalam bentuk kontrak selama 3 tahun atau setara Rp9 juta harus dibayar di muka. Metode ini juga meringankan masyarakat pengguna motor listrik karena kerusakan baterai ditanggung perusahaan.

[Gambas:Video CNN]

(mik)

[Gambas:Video CNN]

Motor
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com
RajaBackLink.com
Postingan Lainnya
RajaBackLink.com