0

Boyamin Sebut Alex Tirta Hadir Syukuran Firli di Palembang pada 2019

RajaBackLink.com
boyamin-sebut-alex-tirta-hadir-syukuran-firli-di-palembang-pada-2019

Jakarta, CNN Indonesia

Koordinator Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman mengklaim memperoleh informasi pertemuan antara Ketua KPK Komjen Pol (Purn) Firli Bahuri dengan Bos Alexis Group Tirta Juwana Darmadji alias Alex Tirta.

Boyamin menyebut pertemuan terjadi di Palembang pada November 2019 lalu saat Firli diangkat menjadi Kabaharkam Polri.

“MAKI menemukan foto di mana itu terjadi pada 2019 ketika Pak Firli syukuran diangkat menjadi Kabaharkam, setelah jadi Kapolda Sumsel. Jadi, sebelum dilantik sebagai Ketua KPK, itu ternyata bikin acara syukuran, dan di situ ada Alex Tirta,” ujar Boyamin saat dikonfirmasi melalui pesan tertulis, Jumat (3/11).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Boyamin mengatakan pihak-pihak yang diundang Firli merupakan orang dekat.

“Juga Alex Tirta dibela-belain terbang dari Jakarta ke Palembang. Jadi, jelas indikasi hubungan dekat dan sangat saling kenal,” kata dia.

Boyamin yang mempunyai rekam jejak membongkar kasus korupsi ini menyatakan fakta tersebut membantah klaim Ian Iskandar selaku pengacara Firli yang menyatakan kliennya tidak mengenal Alex Tirta.

“Dan ini justru memperkuat hal-hal yang patut didalami karena keterangan lawyer-nya pak Firli dan Alex Tirta itu banyak yang berbeda, banyak bertentangan,” ucap dia.

“Justru tampak pak Alex Tirta mengakui kenal dengan pak Firli,” tambah Boyamin.

Ditreskrimsus Polda Metro Jaya membuka penyidikan kasus dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Secara maraton, penyidik telah memeriksa lebih dari 52 orang saksi sejak surat perintah penyidikan diterbitkan pada Senin, 9 Oktober 2023. Para saksi ini di antaranya SYL, Firli, Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar, tujuh pegawai KPK, ajudan Firli dan lainnya.

Pada Kamis (26/10), penyidik telah melakukan penggeledahan di dua rumah milik Firli.

Dua rumah tersebut beralamat di Jalan Kertanegara 46, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan dan Perum Gardenia Villa Galaxy A2 Nomor 60, Kota Bekasi.

Belakangan baru diketahui rumah kediaman di Kertanegara disewa Firli melalui perantara Alex Tirta. Setidaknya sudah berjalan tiga tahun Firli menyewa rumah tersebut. Setiap tahun biaya sewa sebesar Rp650 juta.

Pada Jumat ini, penyidik memeriksa Alex Tirta sebagai saksi. Dia datang ke Mapolda Metro Jaya untuk menjalani pemeriksaan sekitar pukul 09.28 WIB. Hingga berita ini ditulis pada pukul 20.40 WIB, Alex Tirta terpantau belum keluar dari tempat pemeriksaan.

CNNIndonesia.com masih belum dapat konfirmasi dari Alex Tirta maupun pengacaranya terkait pernyataan Boyamin tersebut.

(ryn, mab/kid)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika ingin menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Boyamin
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com
RajaBackLink.com
Postingan Lainnya
RajaBackLink.com