...
0

Airlangga soal Perang Israel-Hamas: Tambah Ketidakpastian

RajaBackLink.com
airlangga-soal-perang-israel-hamas:-tambah-ketidakpastian

Jakarta, CNN Indonesia

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut dunia tak bisa bernapas imbas perang IsraelHamas, termasuk pemerintah Indonesia.

Pasalnya, dampak perang ikut merembet kemana-mana, termasuk ekonomi global yang bisa berujung ke Indonesia.

“Pemerintah terus mengantisipasi berbagai risiko akibat ketidakpastian geopolitik yang baru di Timur Tengah, yang tentu (perang) Ukraina belum selesai, Israel-Hamas menambah ketidakpastian. Dunia baru mulai bernapas, jadi tidak bisa bernapas lagi,” katanya dalam konferensi pers di Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Senin (6/11).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Oleh karena itu, kita melihat dan diperkirakan berbagai lembaga internasional akan ada penurunan. Tentu perubahan iklim belum selesai, El Nino itu juga membuat pasokan pangan akan terganggu,” sambung Airlangga.

Ia lantas menyoroti rilis pertumbuhan ekonomi Indonesia yang merosot ke 4,94 persen di kuartal III 2023. Menurutnya, itu masih kuat di tengah kondisi global yang tak menentu.

Pertumbuhan ini ditopang solidnya permintaan domestik yang tercermin dari konsumsi rumah tangga dan pembentukan modal tetap bruto (PMTB).

Airlangga mengklaim segi peningkatan distribusi lebih baik. Ia merinci pertumbuhan ekonomi tertinggi ada di Sulawesi sebesar 6,44 persen ditopang hilirisasi baja, sedangkan Maluku-Papua ditopang potensi nikel, tembaga, dan emas.

“Indonesia salah satu negara yang tumbuh kuat. Pertumbuhan kita masih lebih tinggi dibandingkan berbagai negara lain, termasuk China, Malaysia, AS, bahkan Singapura. Tapi tentu ada beberapa negara di atas kita, seperti Vietnam,” tegas Airlangga.

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa digenjot dengan adanya bantuan sosial (bansos) beras 10 kg di Desember 2023. Selain itu, pemerintah memberikan bantuan langsung tunai (BLT) Rp200 ribu per bulan untuk November 2023 dan Desember 2023.

Ia menilai paket ini penting diberikan untuk menjaga daya beli masyarakat miskin. Selain itu, sang Bendahara Negara menyebut pemerintah bisa menjaga pertumbuhan ekonomi Indonesia di level 5 persen berkat stimulus ini.

“Dengan adanya paket ini yang bisa berjalan di kuartal III kita berharap akan menambah 0,2 persen additional growth sehingga di kuartal IV pertumbuhan ekonomi tetap bisa dijaga di 5,01 persen,” jelas wanita yang akrab disapa Ani.

“Karena kalau tidak, dengan sekarang kuartal III 4,94 persen dan kuartal IV tidak diberikan dukungan, bisa saja pertumbuhan turun ke 4,99 persen,” tandasnya.

[Gambas:Video CNN]

(skt/agt)

Airlangga
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com