...
0

Hamas Buka Opsi Tambah Jumlah Sandera yang Dibebaskan dari Gaza

RajaBackLink.com
hamas-buka-opsi-tambah-jumlah-sandera-yang-dibebaskan-dari-gaza

CNN Indonesia

Jumat, 24 Nov 2023 19:18 WIB

Hamas menyebut bersedia membebaskan lebih banyak sandera di Gaza, demi pembebasan seluruh tahanan Palestina dari penjara Israel.
Kondisi di Gaza dalam kepungan Israel sebelum kesepakatan gencatan senjata dengan Hamas. Foto: via REUTERS/ISRAEL DEFENSE FORCES

Jakarta, CNN Indonesia

Milisi Hamas mengaku bersedia membebaskan lebih banyak sandera dari Gaza, termasuk para sandera laki-laki.

Anggota biro politik Hamas, Ghazi Hamad, menyebut kelompok milisi itu terbuka untuk melepaskan lebih banyak sandera tersebut.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Namun soal tentara Israel yang juga ditahan oleh Hamas, Hamad mengatakan “itu adalah cerita lain”.

“Pada fase ini, kita berbicara tentang sandera sipil,” kata Hamad kepada Al Jazeera.

Dia menambahkan, “Mengenai hal ini, kami mengupayakan pertukaran yang komprehensif untuk membebaskan seluruh (7.200) tahanan di pusat penahanan Israel. Ini adalah tujuan dan sasaran kami.”

Demi tujuan itu, Hamas mengaku akan menunggu dan melihat dengan kesabaran, untuk membebaskan semua warga Palestina di penjara-penjara Israel.

“Kami akan menunggu dan melihat. Kami memiliki kesabaran, kekuatan dan energi penuh untuk melakukan itu. Israel harus membebaskan semua tahanan, dan kami siap membebaskan tentara Israel,” ungkapnya.

Dalam kesepakatan gencatan senjata pekan ini, Hamas setuju untuk melepas 50 dari 239 orang sandera, yang ditahan di Gaza. Sementara itu Israel juga akan membebaskan 150 tahanan Palestina di penjara-penjara Israel. 

Israel juga disebut akan memperpanjang masa gencatan senjata selama satu hari, untuk setiap 10 sandera yang dibebaskan Hamas. 

Untuk tahap pertama pembebasan sandera, Hamas bakal melepaskan 13 orang sandera pada Jumat (24/11) jam 4 sore waktu setempat atau pukul 21.00 WIB. Sementara 39 tahanan Palestina akan dibebaskan Israel pada jam 9 malam waktu setempat atau pukul 01.00 WIB pada Sabtu (25/11). 

Selain pembebasan sandera, kesepakatan ini juga mencakup jeda pertempuran di seluruh wilayah Gaza, dan pemberian izin pengiriman bantuan kemanusiaan bagi warga Palestina.

[Gambas:Video CNN]

(dna)

Hamas
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com