...
0

Korea Selatan Sukses Luncurkan Satelit Mata-mata untuk Intai Korut

RajaBackLink.com
korea-selatan-sukses-luncurkan-satelit-mata-mata-untuk-intai-korut

CNN Indonesia

Sabtu, 02 Des 2023 11:20 WIB

Korea Selatan meluncurkan satelit mata-mata pertamanya pada Jumat (1/12). Peluncuran terjadi sepekan setelah Korea Utara meluncurkan satelit yang sama.
Ilustrasi. Korea Selatan meluncurkan satelit mata-mata pertamanya pada Jumat (1/12). (AFP PHOTO / CNES / D.DUCROS)

Jakarta, CNN Indonesia

Korea Selatan sukses meluncurkan satelit mata-mata militer pertamanya pada Jumat (1/12). Peluncuran terjadi kurang lebih sepekan setelah Korea Utara meluncurkan satelit yang sama.

Melansir AFP, satelit itu diluncurkan dari Pangkalan Angkatan Luar Angkasa AS Vandenberg di California, Amerika Serikat. Satelit dibawa oleh salah satu roket SpaceX Falcon 9 yang bertuliskan ‘KOREA’.

Kantor berita Yonhap melaporkan bahwa satelit tersebut mencapai orbit kira-kira empat menit setelah diluncurkan pada pukul 10.19 waktu setempat. Komunikasi juga telah terjalin dengan kendali darat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Artinya, satelit mata-mata Korea Selatan berhasil beroperasi secara normal tanpa kendala.

Dengan keberhasilan ini, Korea Selatan kini memiliki satelit pengintai yang bisa memantau Korea Utara. Satelit ini diklaim mampu mendeteksi objek sekecil 30 sentimeter.

“Mempertimbangkan resolusi dan kapasitasnya untuk observasi, teknologi satelit kami berada di peringkat lima besar secara global,” ujar pejabat Kementerian Pertahanan Korea Selatan.

Korea Selatan sendiri berencana meluncurkan empat satelit pengintai tambahan pada akhir tahun 2025. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kapasitas pengintaiannya di Korea Utara.

Sebelumnya, Korea Utara juga berhasil meluncurkan satelit mata-mata yang diberi nama Malligyong-1 pada Selasa (21/11) lalu.

Roket yang membawa satelit tersebut diluncurkan ke arah selatan dan diyakini telah melewati prefektur Okinawa, Jepang.

Satelit ini diklaim menampilkan citra kota Seoul hingga wilayah yang menjadi pangkalan militer Amerika Serikat.

(asr/asr)

[Gambas:Video CNN]

Korea
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com