...
0

Gibran soal Format Debat Cawapres: Ikut Keputusan KPU Saja

RajaBackLink.com
gibran-soal-format-debat-cawapres:-ikut-keputusan-kpu-saja

Jakarta, CNN Indonesia

Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka mengaku tak mempersoalkan mekanisme debat cawapres yang didampingi capres untuk Pilpres 2024.

Gibran mengaku akan mengikuti mekanisme debat sesuai dengan keputusan KPU.

“Kita mengikuti keputusannya KPU saja, nggih,” kata Gibran saat ditemui awak media di Balai Kota Solo, dikutip detik.com, Sabtu (2/12).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Debat perdana Capres-Cawapres yang akan digelar di kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat. Debat itu digelar pada 12 Desember 2023 mendatang.

Sebelumnya, Gibran mengaku sudah menyiapkan diri untuk mengikuti debat perdana tersebut. Dia menyebut akan ada tim yang dilibatkan dalam debat itu.

“Ya sudah dipersiapkan. (Tim yang dilibatkan?) Nanti ada,” kata Gibran, Jumat (1/12).ud

Tanggapan Mahfud dan Cak Imin

Sementara calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD mengaku tak peduli apakah KPU tetap mengadakan atau meniadakan format debat khusus cawapres untuk Pilpres 2024.

“Saya tidak peduli mau diatur sendiri atau bersama, ayo saja,” kata Mahfud di sela menghadiri acara silaturahmi dengan kiai se Mataraman di Pondok Pesantren Sulaiman, Desa Sukorejo, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, Sabtu (2/12).

Menko Polhukam itu mengaku dirinya siap mengikuti segala bentuk format debat capres-cawapres yang sudah ditetapkan KPU.

“Kalau saya sih, mau debat cawapres, debat capres, mau apa, saya siap saja,” ucap Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (2008-2013) ini.

Sementara cawapres nomor urut 1MuhaiminIskandar berharap tetap ada sesi khusus untuk debat Cawapres seperti 5 tahun lalu.

“Iya pasti. Kita ingin berharap itu (sesi khusus debat Cawapres),” ujar Cak Imin setelah menghadiri acara Mukernas MUI di Ancol, Jakarta seperti dikutip dari Detikcom, kemarin.

Cak Imin belum mengetahui terkait tidak adanya sesi khusus debat cawapres dalam pilpres 2024. Ia berharap sesi debat seperti 5 tahun lalu

Saya belum tahu maksudnya apa kok perubahan itu terjadi, tentu kita menyesal itu terjadi. Tidak seperti 5 tahun yang lalu,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, KPU memutuskan debat capres dan cawapres Pilpres 2024 tak digelar secara terpisah. Artinya, semua pasangan akan hadir secara bersamaan.

“Pada dasarnya, dalam pertemuan KPU dengan pasangan calon, lima kali debat itu, pasangan calon semuanya hadir,” ujar Ketua KPU Hasyim Asy’ari di kantor KPU, Jakarta, Kamis (30/11).

Meski demikian, Hasyim mengatakan tetap akan ada pembagian proporsi pada lima gelaran debat tersebut. Tiga debat akan memberikan proporsi yang lebih besar pada capres, sementara dua debat lainnya untuk cawapres.

“Saat debat capres, maka porsi capres untuk bicara akan lebih banyak. Ketika debat cawapres, maka proporsinya cawapres juga lebih banyak,” ujar Hasyim.

Hasyim Asy’ari menjelaskan ketentuan itu dimaksudkan agar pemilih dapat melihat sejauh mana kerja sama masing-masing capres-cawapres.

“Sehingga kemudian supaya publik makin yakin lah team work (kerja sama) antara capres dan cawapres dalam penampilan di debat,” kata Hasyim.

Belakangan format ini dikritik dan dinilai menguntungkan Gibran yang dianggap minim pengalaman di panggung nasional.

Terkait kritik ini, KPU menyatakan akan kembali mengundang tim kampanye tiga pasang calon ini.

Komisioner KPU ldham Holik mengatakan rapat tersebut untuk memberitahu masing-masing tim kampanye format debat yang telah ditentukan KPU.

Idham mengatakan format debat kampanye mengacu kepada Undang-undang Pemilu Nomor 7 Tahun 2017 dan Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2023. Dia memastikan baik capres maupun cawapres akan mengikuti debat tersebut.

“Rapatnya bukan berarti KPU harus mendengar maunya tim kampanye, bukan. Rapatnya itu dalam artian mengkomunikasikan itu semua,” ujarnya.

“Jadi kalau ada isu-isu di luaran bahwa tidak ada debat kampanye, debat pasangan calon presiden dan wakil presiden di masa kampanye, saya pikir itu bisa misinformasi dan bahkan bisa mengarah disinformasi,” imbuh Idham. 

(tim/frd/isn)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika ingin menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Gibran
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com