...
0

Gibran Tawarkan Solusi Sampah dan Listrik Berbasis Teknologi PLTSa

RajaBackLink.com
gibran-tawarkan-solusi-sampah-dan-listrik-berbasis-teknologi-pltsa

Info Politik | CNN Indonesia

Jumat, 08 Des 2023 16:43 WIB

Cawapres Gibran Rakabuming Raka menawarkan PLTSa Solo sebagai salah satu solusi menyelesaikan permasalahan sampah dan energi di Indonesia.
Cawapres Gibran menawarkan PLTSa Solo sebagai salah satu solusi menyelesaikan permasalahan sampah. (Foto: CNN Indonesia/Poppy Fadhilah)

Jakarta, CNN Indonesia

Calon wakil presiden nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka, menyebut pembangunan pembangkit listrik tenaga sampah (PLTSa) di Solo, Jawa Tengah, sebagai salah satu solusi masalah sampah. PLTSa tersebut diharapkan dapat menjadi contoh bagi kota-kota lain di Indonesia.

“Kita baru saja meresmikan pembangkit listrik tenaga sampah. Kita harapannya permasalahan sampah di Solo dapat terselesaikan,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (8/12).

Dalam sesi wawancara yang diunggah di kanal YouTube Kumparan, Rabu (6/12), Gibran mengatakan bahwa PLTSa di Solo akan fokus mengolah sampah yang ada di kota tersebut selama lima tahun pertama. Setelah itu, PLTSa tersebut dapat digunakan untuk mengolah sampah dari kota-kota lain di sekitarnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“PLTSa ini memang kita buat bukan cuma untuk Solo, tapi juga untuk kota-kota sekitarnya,” ucapnya.

Pasangan Capres Prabowo Subianto ini optimistis bahwa proyek PLTSa tersebut akan berjalan sesuai target. Selain menyelesaikan masalah gunungan sampah, PLTSa juga dapat menghasilkan energi listrik hingga 8 megawatt.

“Dan semuanya zero waste, itu saya sih yang paling penting. Kan sekarang masalah yang paling mendasar di semua kota kan pasti kemacetan, sampah, polusi. Ya kita selesaikan satu per satu,” jelasnya.

Gibran mengatakan bahwa permasalahan sampah di kota-kota besar di Indonesia tidak dapat diselesaikan tanpa partisipasi masyarakat. Ia pun mendorong warga Solo dari tingkat RT dan RW untuk membantu memilah sampah sebelum diolah PLTSa.

Di samping menghabiskan gunungan sampah, kehadiran PLTSa juga menekan masalah bau sampah dan resiko kebakaran sampah. Ia pun mengatakan teknologi tersebut juga menarik pemerintah kota lain untuk turut mempelajari PLTSa.

“Banyak yang udah belajar ke sini kok, Wali Kota Tangerang dan lain-lain karena ingin melihat ini, teknologi yang kita pakai itu efektif apa enggak,” pungkas Gibran.

(rir)

Yuk, daftarkan email jika ingin menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Gibran
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com