...
0

Berlangsung Meriah, Paralimpiade Paris 2024 Resmi Dibuka

RajaBackLink.com
berlangsung-meriah,-paralimpiade-paris-2024-resmi-dibuka

Jakarta, CNN Indonesia

Kemeriahan opening ceremony menjadi penanda Paralimpiade Paris 2024 resmi dibuka pada Kamis (29/8) pada pukul 00:55 waktu Indonesia.

Opening ceremony Paralimpiade Paris 2024 ini seperti Olimpiade 2024, berbeda dari multievent serupa sebelumnya.

Apabila Olimpiade Paris dibuka di Sungai Seine, Paralimpiade Paris ini tidak lagi digelar di dalam stadion, melainkan di jantung kota, yakni di Champs-Elysees dan Place de la Concorde.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pembukaan Paralimpiade 2024 dimulai dengan penampilan pianis asal Kanada Chilly Gonzales dengan koreografi dari koregrafer asal Swedia Alexander Ekman.

Para disabilitas dengan kursi roda ikut meramaikan pembukaan tersebut di panggung Place de la Concorde. Theo Curin, pengemudi taksi merah yang dipenuhi dengan maskot Paralimpiade 2024, Phryge, pada awal opening hadir dalam panggung itu.

Saat langit Paris terlihat keemasan, delapan pesawat membelah dengan dengan tiga warna ikonik Prancis.

Setelah sejumlah pertunjukan di panggung, Afghanistan, Afrika Selatan, dan Aljazair secara berurutan memulai defile negara peserta. Terdapat 186 delegasi atau negara peserta pada Paralimpiade Paris kali ini.

Kontingen Indonesia tampil dalam defile setelah rombongan India. Tim Merah Putih ini tampil beda dengan kebanyakan kontingen Paralimpiade Paris.

Apabila kebanyakan peserta mengenakan busana resmi berupa setelan jas, Indonesia tampil mengenakan beberapa pakaian adat. Atlet para tenis meja puti, Leni Marlina, menjadi pembawa bendera dalam defile tersebut, sedangkan Muhammad Fadli terlihat menikmati pembukaan itu dengan berjoget..

Atlet para powerlifter putri Indonesia, Ni Nengah Widiasih yang ikut dalam defile mengaku senang bisa tampil dalam pembukaan Paralimpiade 2024.

“Saya ingin menyaksikan upacara yang luar biasa malam ini. Ini pertama kalinya saya menghadiri upacara,” ujar Ni Nengah dikutip dari situs resmi Paralimpiade.

“Ini pengalaman pertama saya. Paralimpiade keempat, tetapi saya tidak pernah menghadiri pembukaannya, biasanya kompetisi saya diadakan keesokan harinya,” tutur Ni Nengah menambahkan.

Pada Paralimpiade Paris 2024, kontingen Indonesia berkekuatan 35 atlet yang akan tampil dalam 10 cabang olahraga.

[Gambas:Video CNN]

(sry)

Berlangsung
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

No results found.
RajaBackLink.com