...
0

Cara Menghapus File .lock Node.js di cPanel

RajaBackLink.com
cara-menghapus-file-lock-node.js-di-cpanel

banner - Cara Menghapus File .lock Node.js di cPanel

Menghapus file .lock Node.js bisa menjadi langkah penting untuk memperbaiki masalah yang muncul ketika proses instalasi atau update package sedang dilakukan. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara hapus file .lock Node.js di cPanel, sehingga aplikasi Anda dapat berjalan lancar kembali.

Apa itu file .lock pada Nodejs

Node.js adalah salah satu pemrograman server side berbasis Javascript. NodeJS dapat membuat script javascript di eksekusi di sisi server, sama halnya seperti jenis bahasa pemograman web lain seperti PHP.

Selain itu, NodeJS memiliki repository server HTTP tersendiri, sehingga memungkinkan untuk menjalankan web server tanpa menggunakan aplikasi web server seperti apache, ngingx atau web server lainnya.

Namun, saat hendak menjalankan berbagai kode JavaScript melalui Node.js, ada beberapa pengguna mendapatkan pesan kesalahan “Can't acquire lock for app: app“. Hal ini biasanya disebabkan oleh file tersembunyi .lock pada direktori /home/[usercpanel]/nodevenv/namaaplikasi.

File .lock di Node.js adalah sebuah file yang berisi informasi detail tentang semua dependensi (library atau modul eksternal) yang digunakan dalam sebuah proyek Node.js.

Selain itu, file .lock biasanya digunakan untuk mengindikasikan bahwa proses tertentu sedang berjalan atau bahwa ada penguncian untuk mencegah akses bersamaan pada file atau resource disisi hosting. File ini bisa Anda hapus ketika Anda mengalami masalah yang kami sebutkan sebelumnya.

Promo Hosting Murah Rumahweb

Cara Remove File .lock NodeJS di cPanel

Dalam artikel ini, kami akan berbagi cara menghapus fle .lock Node.js di cPanel pada layanan shared hosting secara benar. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Silakan login ke cPanel hosting Anda.
  2. Cari menu File Manager pada cPanel hosting
  3. Masuk ke direktori sesuai nama aplikasi Node.js Anda. Contoh folder /nodevenv/bumdes.
  4. Setelah masuk ke direktori aplikasi Node.js Anda, silakan klik tombol Settings di sudut kanan atas File Manager.
  5. Lalu, akan muncul Layar pop-up Preferences. Silakan centang checkbox Show Hidden Files (dotfiles) untuk menampilkan file tersembunyi. Jangan lupa klik tombol Save.
show hidden files cpanel
  1. File tersembunyi .lock akan ditampilkan. Klik kanan file, kemudian pilih opsi Delete untuk menghapus file tersebut. Lalu klik tombol comfirm.
menghapus file .lock Node.js di cpanel

Sampai tahap ini, proses hapus file .lock Node.js di cPanel telah selesai. Selanjutnya, anda dapat menjalankan ulang NodeJS di cPanel Hostingnya.

Demikian tutorial kami tentang cara menghapus file .lock Node.js di cPanel pada layanan Shared Hosting, semoga bermanfaat.

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Muhamad Iqbal Ari Pratama

Tags: Cpanel, Node.js, Tips dan trik, tutorial nodejs
cPanelNode.jsTips dan triktutorial nodejs
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com