...
0

3 Fakta Israel dan Lebanon Saling Serang Usai Ledakan Pager Hizbullah

RajaBackLink.com
3-fakta-israel-dan-lebanon-saling-serang-usai-ledakan-pager-hizbullah
Daftar Isi

Jakarta, CNN Indonesia

Israel dan Lebanon saling melancarkan serangan menyusul ledakan pager hingga walkie-talkie pada beberapa waktu lalu. Lebanon pada Jumat (20/9) ungkap ledakan itu menewaskan sedikitnya 37 orang dan melukai 3.000 orang.

Di sisi lain, negeri Zionis membombardir lebih dari 100 peluncur roket milik kelompok milisi Hizbullah pada Jumat (20/9).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berdasarkan laporan Al Jazeera, Israel meluncurkan serangan udara di seluruh wilayah Lebanon selatan. Serangan ini disebut sebagai salah satu serangan paling intens sejak Israel berkonflik dengan Hizbullah.

Saling tembak ratusan roket

Militer Israel menyatakan jet tempurnya telah menghantam 100 lebih peluncur roket milik Hizbullah. Peluncur-peluncur itu dihancurkan saat dalam keadaan siap untuk menyerang Israel, yakni membawa 1.000 barel roket siap luncur.

Selain menyerang peluncur roket, militer Israel juga mengaku membombardir gedung-gedung dan gudang senjata milik Hizbullah.

[Gambas:Video CNN]

“IDF terus menghancurkan dan melemahkan kemampuan teror serta infrastruktur militer Hizbullah,” demikian keterangan militer.

Menanggapi serangan itu, Hizbullah juga membalas dengan menembakkan lebih dari 150 roket ke utara Israel.

Komandan elite Hizbullah tewas

Serangan Israel di ibu kota Beirut, Lebanon menewaskan komandan operasi Hizbullah, Ibrahim Aqil, Jumat (20/9).

Tewasnya Aqil dikonfirmasi oleh Kelompok milisi Lebanon, Hizbullah.

“Hari ini komandan senior Ibrahim Aqil [Haj Abdulqader] telah bergabung dalam prosesi para martir setelah menjalani kehidupan yang penuh berkah, perjuangan, kerja keras, luka, pengorbanan, tantangan, prestasi, dan kemenangan. Sudah sepantasnya baginya untuk mencapai kehormatan ilahi ini,” demikian keterangan Hizbullah, dikutip dari Aljazeera.

Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant mengatakan operasi dalam “fase baru perang” akan terus berlanjut, setelah serangan udara Israel menghancurkan sebuah gedung hunian di pinggiran selatan Beirut.

12 orang tewas, 66 lainnya luka

Kementerian Kesehatan Lebanon mengatakan sebanyak 12 orang tewas dalam serangan Israel di Beirut selatan, Jumat (20/9).

Selain itu 66 orang lainnya terluka, termasuk sembilan orang dalam kondisi kritis.

Berdasarkan laporan CNN, dua bangunan tempat tinggal runtuh di daerah Jamous di pinggiran selatan kota itu menyusul serangan Israel yang menargetkan seorang komandan tinggi Hizbullah.

Tim pencarian dan penyelamatan khusus sedang dalam perjalanan untuk mencari mereka yang tertimbun reruntuhan. Semua warga diminta untuk mengungsi dari lokasi kehancuran.

(lna/chri)

Fakta
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com