...
0

9 Makanan Khas Semarang yang Lezat, Garang Asem hingga Lumpia

RajaBackLink.com
9-makanan-khas-semarang-yang-lezat,-garang-asem-hingga-lumpia

Setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khasnya masing-masing, salah satunya adalah makanan khas Semarang. Simak rekomendasinya. Ilustrasi. Rekomendasi makanan khas Semarang yang lezat, salah satunya garang asem (iStockphoto/ridzky setiaji)

Jakarta, CNN Indonesia

Setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khasnya masing-masing yang unik, salah satunya adalah makanan khas Semarang.

Selain lumpia, Kota Semarang mempunyai kuliner yang lezat dan populer seperti garang asem, mi kopyok, hingga pecel Semarang yang khas.

Apabila Anda berwisata ke Semarang, jangan sampai melewatkan salah satu dari sejumlah kuliner khas Semarang tersebut.

Pasalnya, meski makanan-makanan tersebut bisa ditemui di kota lain, tetapi cita rasa yang autentik bisa Anda rasakan jika mencicipinya langsung di Kota Semarang.

Berikut beberapa makanan khas Semarang yang dihimpun dari buku Wisata Kuliner Makanan Daerah Khas Semarang oleh Miftah Sanaji dan sumber lainnya.

1. Garang asem

Garang Asem Ayam, the traditional Javanese tangy chicken curry. Each portion is placed in a banana leaf pouch then steamed. One portion is served and plated on an earthenware plate. Some fresh green tomatoes, bilimbi fruits, and unopened pouches are arranged on the table.Ilustrasi. makanan khas Semarang yang lezat, salah satunya garang asem (iStockphoto/MielPhotos2008)

Garang asem merupakan salah satu kuliner khas Semarang yang sangat populer berupa ayam dengan kuah santan berbumbu dengan tambahan cabai dan belimbing wuluh.

Sebelumnya, ayam dan kuah santan dimasak dengan dimasukkan ke dalam daun pisang terlebih dahulu agar menambah cita rasa dan aroma yang sedap pada garang asem.

Makanan yang satu ini dapat menjadi teman nasi dan dilengkapi dengan tempe goreng, jeroan ayam, dan perkedel.

2. Mi kopyok

Sajian khas Semarang selanjutnya adalah mi kopyok yang cocok dinikmati saat cuaca sedang dingin.

Mi kopyok adalah bakmi basah yang sudah disiram dengan ari panas. Kemudian diberi potongan daging dan tetelan sapi.

3. Nasi ayam

Nasi ayam adalah nasi dengan isian suwiran daging ayam, opor, dan sayur labu siam. Selain itu, biasanya tersedia juga beberapa pelengkap lainnya.

Pelengkapnya adalah sate usus, sate jeroan, hingga sate telur muda. Keunikan kuliner ini adalah disajikan menggunakan pincuk daun pisang.

4. Nasi koyor

Nasi koyor atau disebut juga sego koyor adalah hidangan nasi putih yang diberi potongan koyor atau bagian urat daging sapi.

Kemudian disiram dengan kuah koyor, potongan mentimun, dan petai goreng.

5. Lumpia Semarang

Lumpia khas Rumah Makan Semarang.Ilustrasi. Makanan khas Semarang yang lezat, salah satunya lumpia (CNN Indonesia/Puput Tripeni Juniman)

Lumpia adalah kuliner khas Semarang yang terbuat dari adonan tepung yang kemudian diberi isian lalu dilipat dan digulung dan digoreng di minyak panas.

Isian dari lumpia adalah daging ayam, bawang putih, telur orak-arik, ebi, kecap, sayuran, dan rebung.

6. Tahu gimbal

Rekomendasi makanan khas Semarang berikutnya adalah tahu gimbal. Kuliner Semarang ini terbuat dari tahu goreng, sayuran, potongan lontong, dan bakwan udang.

Kemudian disajikan dengan kuah yang terbuat dari kacang goreng yang ditumbuk kasar. Selain rasanya yang nikmat, makanan ini mengenyangkan sebab terdapat lontong di dalamnya.

7. Tahu petis

Tahu khas Semarang memiliki tekstur yang padat sehingga dapat mengenyangkan. Tahu petis sendiri adalah tahu yang diberi saus petis.

Saus petis yang kental berwarna hitam pekat menjadi bagian dalam atau isian dari tahu.

8. Soto Semarang

Berbeda dengan soto kebanyakan, soto Semarang memiliki kuah yang berwarna bening yang terbuat dari kaldu ayam kampung.

Biasanya soto ini disajikan dengan aneka menu sate, seperti sate kerang, usus, dan telur puyuh. Selain aneka sate, soto Semarang juga makin nikmat disantap dengan tahu goreng atau mendoan.

9. Pecel Semarang

Pecel Pincuk Ibu IdaIlustrasi. makanan khas Semarang yang lezat, salah satunya pecel (Endro Priherdityo)

Sebenarnya pecel Semarang memiliki kemiripan dengan pecel dari daerah lain, yakni menggunakan sayuran seperti kangkung, tauge, kenikir, dan irisan kol sebagai sayurannya.

Namun yang berbeda adalah pelengkap pecel, yakni kerupuk karak dan sate keong yang membuatnya semakin lezat dan mengenyangkan.

Itulah beberapa makanan khas Semarang dengan cita rasa yang lezat. Selamat berwisata kuliner!

(juh)

[Gambas:Video CNN]

Makanan
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com