...
0

Pengusaha soal Rencana Kenaikan Harga Gula: Biaya Produksi Meningkat

RajaBackLink.com
pengusaha-soal-rencana-kenaikan-harga-gula:-biaya-produksi-meningkat

Asosiasi Gula Indonesia tak masalah dengan rencana Bapanas yang akan menaikkan harga gula jadi Rp14.500 per kg hingga Rp15.500 per kg di tingkat konsumen. Asosiasi Gula Indonesia tak masalah dengan rencana Bapanas yang akan menaikkan harga gula jadi Rp14.500 per kg hingga Rp15.500 per kg di tingkat konsumen. (Pixabay/Humusak)

Jakarta, CNN Indonesia

Asosiasi Gula Indonesia (AGI) tak masalah dengan rencana Badan Pangan Nasional (Bapanas) yang akan menaikkan harga gula kisaran Rp14.500 per kg hingga Rp15.500 per kg di tingkat konsumen.

Sekretaris Eksekutif AGI Dwi Purnomo mengatakan rencana kenaikan itu dianggap wajar karena biaya produksi, khususnya dari sisi pupuk, yang meningkat.

“Harga pokok penjualan (HPP) wajar naik karena kenaikan biaya produksi khususnya pupuk. Otomatis, harga acuan penjualan (HAP) juga mengikuti karena ada biaya distribusi dari HPP ke HAP,” jelasnya kepada CNNIndonesia.com, Rabu (14/6).

Selain harga di tingkat konsumen yang akan dinaikkan, pemerintah juga akan mengerek harga gula di tingkat petani dari Rp11.500 per kg menjadi maksimal Rp12.500 per kg.

Rencana kenaikan harga gula akan diatur dalam rancangan Peraturan Badan Pangan Nasional (Perbadan).

“Diskusi dengan petani angkanya Rp12 ribu sampai Rp12.500 pabrik gula beli (dari petani). Di hilirnya Rp14.500 sampai Rp15.500,” kata Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi di Gedung DPR, Selasa (13/6).

“Begitu rakortas ajukan ke pak presiden. Terus diundangkan,” lanjutnya.

Sebelumnya, Deputi Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan Bapanas I Gusti Ketut Astawa menyampaikan HPP dan HAP gula diatur kembali karena memang terjadi kenaikan harga gula di internasional. Maka dari itu harga di tingkat nasional juga ikut naik.

[Gambas:Video CNN]

(fby/dzu)

Pengusaha
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com