...
0

Menlu AS Blinken Akhirnya Bertemu Xi Jinping di Beijing, Bahas Apa?

RajaBackLink.com
menlu-as-blinken-akhirnya-bertemu-xi-jinping-di-beijing,-bahas-apa?

Presiden China Xi Jinping akhirnya temui Menlu AS Antony Blinken di akhir kunjungannya di Beijing. Ilustrasi. Presiden Xi Jinping akhirnya temui Menlu AS Antony Blinken di Beijing. Foto: CNN

Jakarta, CNN Indonesia

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken akhirnya bertemu dengan Presiden China Xi Jinping, di akhir kunjungan resminya di Beijing pada Senin (19/6).

Xi dan Blinken bertemu di Balai Besar Rakyat di Beijing pada pukul 16.30 waktu setempat.

Kunjungan Blinken ke Beijing menjadi kunjungan pejabat tinggi AS pertama ke China dalam lima tahun terakhir, di mana hubungan Beijing-Washington sendiri tengah mengalami ketegangan politik.

“Pihak China telah memperjelas posisi kami dan kedua belah pihak telah sepakat untuk menindaklanjuti pemahaman bersama yang telah dicapai Presiden Biden dan saya di Bali,” kata Xi kepada Blinken, seperti dikutip AFP.

Xi menambahkan, “Kedua belah pihak juga telah membuat kemajuan dan mencapai kesepakatan tentang beberapa isu tertentu. Saya berharap melalui kunjungan ini Menlu Blinken dapat memberi kontribusi positif untuk menstabilkan hubungan China-AS.”

[Gambas:Video CNN]

Pertemuan Xi dan Blinken yang berlangsung lebih dari setengah jam itu terjadi usai Blinken mengadakan lebih dari 10 jam pembicaraan selama dua hari, dengan pejabat tinggi China lainnya.

Sebelumnya Blinken dan Menlu China Wang Yi melakukan pertemuan bilateral di Wisma Negara Diaoyutai pada Senin (19/6) pagi. Pada pertemuan itu, Wang mengatakan kepada Blinken bahwa kedatangannya datang saat titik kritis hubungan China-AS.

“Penting untuk membuat pilihan antara dialog dan konfrontasi, kerja sama atau konflik,” kata Wang Yi.

Dia menambahkan, “Kita harus mengembalikan hubungan China-AS, mendorong kembali ke jalur yang sehat dan stabil, dan bekerja sama untuk menemukan cara yang benar bagi China dan AS.”

(dna)

[Gambas:Video CNN]

Menlu
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com