...
0

Pengusaha Minta Diberi Kelonggaran Atur Cuti Pekerja saat Iduladha

RajaBackLink.com
pengusaha-minta-diberi-kelonggaran-atur-cuti-pekerja-saat-iduladha

Pengusaha minta diberi keleluasaan mengatur cuti karyawan bila pemerintah menetapkan 28-30 Juni 2023 menjadi cuti bersama. Pengusaha minta diberi keleluasaan mengatur cuti karyawan bila pemerintah menetapkan 28-30 Juni 2023 menjadi cuti bersama. ( iStockphoto/Gregory_DUBUS).

Jakarta, CNN Indonesia

Pengusaha menanggapi usulan cuti bersama pada 28 dan 30 Juni 2023 mendatang bersamaan dengan Hari Raya Iduladha 1444 H.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Widjaja Kamdani mengatakan mendukung bila kemudian pemerintah mengamini usulan tersebut dan kemudian memutuskan cuti bersama pada Iduladha nanti. Pasalnya, Indonesia memiliki populasi Muslim yang besar.

“Namun dalam implementasinya dunia usaha (kami harap) bisa diberikan kesempatan melakukan penyesuaian pengaturan pengambilan cuti,” katanya kepada CNNIndonesia.com, Selasa (20/6).

Shinta mengatakan dengan penyesuaian pengaturan pengambilan cuti, karyawan bisa memilih menggunakan hak cuti untuk perpanjangan masa libur Iduladha atau tidak.

Senada, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Arsjad Rasjid mengatakan pelaku usaha menghormati kebijakan pemerintah, termasuk dalam penetapan hari libur untuk Iduladha. Ia berharap setelah mendapatkan libur, para pekerja dapat kembali beraktivitas dengan lebih produktif.

“Kami sangat menghargai hak pekerja untuk mendapatkan libur, karena itu telah dijamin oleh Undang-Undang,” kata Arsjad.

Sebelumnya, Menteri PAN RB Abdullah Azwar Anas menyebut ada usulan cuti bersama pada 28 dan 30 Juni 2023 mendatang bersamaan dengan Hari Raya Iduladha 1444 H. Ia menyebut terkait wacana penambahan cuti bersama itu sudah pernah dibahas dalam rapat bersama dengan Kementerian Sekretariat Negara.

“Ada usulan selain libur nasional 29, 28 Juni itu diusulkan jadi cuti bersama. Kemudian 30 kan kejepit itu diusulkan juga jadi cuti bersama,” kata Azwar di kompleks parlemen, Jakarta, Senin (19/6).

Pihaknya percaya jika kedua tanggal itu ditetapkan sebagai cuti bersama, akan meningkatkan perekonomian di daerah-daerah.

Ia pun menyebut hal itu bertepatan dengan libur anak sekolah, sehingga dapat meningkatkan kualitas waktu bersama dengan keluarga.

“Karena setiap libur yang lebih dari dua hari itu pergerakan ke daerah juga tinggi, dan mendorong pemerataan ekonomi tumbuh di berbagai kawasan,” ucapnya.

[Gambas:Video CNN]

(fby/agt)

Pengusaha
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com