...
0

Korea Tawarkan Bantuan 1 Juta Dolar ke Ukraina Imbas Banjir di Kherson

RajaBackLink.com
korea-tawarkan-bantuan-1-juta-dolar-ke-ukraina-imbas-banjir-di-kherson

Korea menawarkan bantuan kemanusiaan senilai 1 juta dolar AS untuk membantu warga Ukraina yang terdampak kerusakan bendungan Kakhovka. Ilustrasi. Korea menawarkan bantuan kemanusiaan senilai 1 juta dolar AS untuk membantu warga Ukraina yang terdampak kerusakan bendungan Kakhovka. (AP/Evgeniy Maloletka)

Jakarta, CNN Indonesia

Pemerintah Korea Selatan menawarkan bantuan kemanusiaan senilai 1 juta Dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp14,9 miliar kepada Ukraina untuk membantu warga terdampak kerusakan bendungan Kakhovka.

Hancurnya bendungan raksasa yang berada di bagian selatan Kherson itu telah menyebabkan krisis kemanusiaan akibat perang antara Ukraina dan Rusia. Kerusakan bendungan itu menyebabkan 40 kota banjir dan sekitar 16.000 orang kehilangan tempat tinggal dan akses air bersih.

“Pemerintah Korea selalu memberikan dukungan kepada warga Ukraina yang terdampak perang. Kini, kami telah memutuskan untuk memberikan tambahan bantuan kemanusiaan mengingat adanya kebutuhan mendesak akibat kerusakan bendungan,” kata Juru Bicara Menteri Luar Negeri Lim Soo-suk dalam konferensi pers, dikutip dari The Korea Times, Kamis (29/6).

Bantuan untuk Ukraina itu akan diberikan melalui berbagai organisasi internasional, termasuk Koordinator Kemanusiaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan Palang Merah Internasional.

Pada Selasa (6/6) dini hari, bendungan Nova Kakhovka meledak dan mengakibatkan banjir bandang di sejumlah wilayah Kherson Oblast, kawasan yang diduduki Kremlin sejak invasi.

Hingga kini, tidak diketahui apakah bendungan itu jebol karena sengaja diserang atau akibat kegagalan struktural. Baik Rusia maupun Ukraina saling menyalahkan atas kehancuran bendungan tersebut.

(tsa/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Korea
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com