...
0

Survei LSI Denny JA: Prabowo Menang di Pemilih Percaya Jokowi

RajaBackLink.com
survei-lsi-denny-ja:-prabowo-menang-di-pemilih-percaya-jokowi

CNN Indonesia

Senin, 10 Jul 2023 17:53 WIB

Bagikan :  

Prabowo unggul di segmen pemilih yang percaya kepada Presiden Jokowi, TNI dan institusi hukum. Ganjar unggul di segmen pemilih percaya medsos dan DPR. Menteri Pertahanan sekaligus calon presiden Prabowo Subianto berjalan bersama Presiden Joko Widodo. (Foto: Arsip Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNN Indonesia

Hasil survei LSI Denny JA menunjukkan publik yang percaya terhadap Presiden Joko Widodo memiliki kecenderungan memilih Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon presiden di Pilpres 2024 ketimbang kandidat capres lain.

Prabowo unggul di segmen pemilih ini dengan 36,1 persen. Kemudian disusul oleh Ganjar Pranowo dengan 34,7 persen dan Anies Baswedan dengan 20,1 persen.

“Publik yang percaya terhadap Presiden (90 persen), pilihan capres tertingginya adalah Prabowo sebesar 36.1 persen. Urutan selanjutnya adalah Ganjar sebesar 34.7 persen, terakhir adalah Anies sebesar 20,1 persen. Di publik yang percaya presiden, Prabowo menang,” bunyi keterangan resmi LSI Denny JA.

Selain unggul di segmen pemilih yang percaya Jokowi, LSI Denny JA juga mengungkapkan Prabowo unggul di segmen pemilih yang percaya terhadap institusi TNI dan aparat penegak hukum.

Di segmen pemilih publik yang percaya TNI, Prabowo mendapatkan 34,8 persen atau unggul tipis mengalahkan Ganjar yang mendapatkan 34,3 persen. Kemudian disusul Anies di posisi ketiga sebesar 20,3 persen.

“Publik yang percaya aparat hukum (71.8 persen), pilihan capres tertingginya adalah Prabowo sebesar 36.5 persen. selanjutnya adalah Ganjar sebesar 33.8 persen, dan Anies sebesar 20 persen. Di publik yang percaya aparat hukum, Prabowo menang,” bunyi keterangan LSI Denny JA.

Hasil berbeda tampak di segmen pemilih yang mempercayai media sosial dan DPR. Untuk lapisan ini Ganjar Pranowo unggul ketimbang Prabowo dan Anies.

Publik yang percaya media sosial lebih banyak memilih Ganjar sebesar 37,5 persen kemudian disusul Prabowo sebesar 33,1 persen dan memilih Anies sebesar 18.4 persen.

“Publik yang menyatakan percaya terhadap DPR (59 persen), pilihan capres tertingginya adalah Ganjar sebesar 38,6 persen. Urutan kedua adalah Prabowo sebesar 31,6 persen. Urutan ketiga adalah Anies sebesar 20,6 persen. Di publik yang percaya DPR, Ganjar menang,” bunyi keterangan LSI Denny JA.

Secara umum, survei LSI Denny JA menunjukkan elektabilitas Prabowo masih unggul atas Ganjar dan Anies delapan bulan menjelang Pilpres 2024.

LSI Denny JA menunjukkan elektabilitas Prabowo sebesar 34,3 persen, disusul Ganjar sebesar 32,7 persen dan Anies 22,1 persen.

“Secara tren yang diamati dari tiga survei (bulan Januari, Mei, Juni) tahun 2023, Prabowo elektabilitasnya menanjak. Ganjar elektabilitasnya turun naik. Anies elektabilitasnya stagnan,” bunyi keterangan LSI Denny JA.

Survei ini dilakukan pada tanggal 30 Mei – 12 Juni 2023. Survei ini digelar dengan menggunakan kuesioner kepada 1.200 responden di seluruh Indonesia dengan wawancara tatap muka (face to face interview).

Survei ini menetapkan margin of error sebesar 2,9 persen dan memperkaya analisa dengan metode kualitatif, seperti analisis media, in-depth interview, expert judgement dan focus group discussion.

Hasil survei berbeda sempat dikeluarkan oleh lembaga Charta Politica Indonesia. Survei yang digelar Charta Politika pada 2-7 Mei 2023 menunjukkan Ganjar memperoleh elektabilitas sebesar 38,2 persen dalam simulasi tiga nama capres 2024. Kemudian disusul Prabowo 31,1 persen dan Anies Baswedan 23,6 persen.

(rzr/wis)

[Gambas:Video CNN]

Bagikan :  

Survei
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com