...
0

Survei Capres LSI: Prabowo Masih Ungguli Ganjar dan Anies

RajaBackLink.com
survei-capres-lsi:-prabowo-masih-ungguli-ganjar-dan-anies

CNN Indonesia

Selasa, 11 Jul 2023 19:36 WIB

Bagikan :  

Pada simulasi tiga nama survei LSI, Prabowo tetap berada pada urutan pertama. Elektabilitas Prabowo 35,8 persen; Ganjar 32,2 persen; dan Anies 21,4 persen. Hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) mengungkap elektabilitas Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto masih mengungguli Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Diolah dari Dok. CNNIndonesia)

Jakarta, CNN Indonesia

Hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) mengungkap elektabilitas Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto masih mengungguli Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Dalam sesi top of mind, Prabowo menjadi capres favorit. Sebanyak 20 persen responden menyatakan akan memilih Prabowo jika pilpres digelar saat survei berlangsung.

Posisi kedua ditempati Ganjar dengan elektabilitas 19,9 persen. Jokowi duduk di posisi ketiga dengan 10,3 persen elektabilitas. Sementara Anies hanya 9,6 persen.

Sementara pada simulasi 19 nama, Prabowo menduduki peringkat pertama dengan elektabilitas 25,3 persen. Ganjar menyusul dengan elektabilitas 25,1 persen. Anies terpaut cukup jauh di peringkat ketiga dengan 15,4 persen.

Kemudian pada simulasi tiga nama, Prabowo tetap berada pada urutan pertama. Elektabilitas Prabowo unggul tipis dari Ganjar.

“Prabowo paling banyak dipilih 35,8 persen, kemudian Ganjar 32,2 persen, dan Anies 21,4 persen. Sekitar 10,6 persen belum menunjukkan pilihannya,” dikutip dari keterangan tertulis LSI, Selasa (11/7).

LSI juga membuat simulasi pilpres dengan dua nama. Elektabilitas Ganjar mencapai 48 persen jika hanya berhadapan dengan Anies di pilpres. Anies meraih elektabilitas 34,1 persen.

Jika melawan Prabowo, elektabilitas Ganjar 38,1 persen. Prabowo memiliki elektabilitas 48,1 persen jika banyak berhadapan dengan Ganjar.

Sementara itu, Prabowo diprediksi menang telak jika hanya berhadapan dengan Anies. Ia mampu meraih elektabilitas hingga 50,9 persen, sedangkan Anies 27,9 persen.

Survei digelar pada 1-8 Juli 2023 dengan mengikutsertakan 1.242 orang responden. Responden dipilih lewat proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening.

Margin of error survei berada di angka sekitar 2,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Sementara hasil survei Indonesia Political Opinion periode Juni 2023 menunjukkan Prabowo sebagai tokoh dengan elektabilitas tertinggi dibanding bakal calon presiden lainnya.

Dalam semua jenis simulasi survei yang dilakukan, Prabowo selalu berada di urutan teratas. Diikuti Anies Baswedan di posisi kedua, dan Ganjar Pranowo di urutan ketiga.

Dalam skema pilihan 40 nama semi terbuka, Prabowo unggul dengan elektabilitas 27,3 persen. Disusul Anies 24,6 persen dan Ganjar 16,2 persen.

(dhf/fra)

[Gambas:Video CNN]

Bagikan :  

Survei
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com