...
0

Survei LSI: Ganjar-Erick Ungguli Prabowo-Cak Imin dan Anies-Khofifah

RajaBackLink.com
survei-lsi:-ganjar-erick-ungguli-prabowo-cak-imin-dan-anies-khofifah

Survei LSI menyebut dalam simulasi tiga nama pasangan presiden dan wakil presiden, pasangan Ganjar Pranowo dan Erick Thohir berada di posisi pertama. Survei simulasi LSI menyebut pasangan pasangan Ganjar Pranowo dan Erick Thohir mengungguli Prabowo-Cak-imin dan Anies-Khofifah. (Arsip Istimewa)

Jakarta, CNN Indonesia

Lembaga Survei Indonesia mengungkap pasangan Ganjar Pranowo-Erick Thohir mengungguli pasangan Prabowo Subianto-Muhaimin Iskandar dan Anies Baswedan-Khofifah Indar Parawansa.

“Ganjar-Erick Thohir mendapat 34 persen unggul atas Prabowo-Muhaimin 30,7 persen, sementara Anies-Khofifah 21 persen. Sekitar 14,2 persen belum menunjukkan pilihannya,” kata LSI dalam keterangan tertulis, Selasa (11/7).

LSI juga melakukan simulasi pilpres dengan pasangan lainnya yakni Ganjar Pranowo dengan Sandiaga Uno. Pasangan itu diadu dengan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dan Anies Baswedan-Yenny Wahid.

“Ganjar-Sandiaga 35,1 persen, unggul atas Prabowo-Gibran 33,9 persen, dan Anies-Yenny Wahid 18,2 persen. Sekitar 12,8 persen belum menunjukkan pilihannya,” tulis LSI.

Simulasi lainnya menyertakan pasangan Anies-Agus Harimurti Yudhoyono, Ganjar-Ridwan Kamil, dan Prabowo-Erick.

Hasil simulasi itu adalah Anies-AHY 19,7 persen, Ganjar-RK 34 persen, dan Prabowo-Erick 34,8 persen.

LSI menggelar survei ini pada 1-8 Juli 2023 dengan mengikutsertakan 1.242 orang responden. Responden dipilih lewat proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening.

Survei ini disertai ambang batas kesalahan (margin of error) ±2,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Sementara, hasil Survei Populi Center dengan kategori calon wakil presiden yang bakal dipilih masyarakat menunjukkan Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno menjadi nama paling banyak dipilih dengan elektabilitas 11,5 persen.

Disusul Ridwan Kamil 6,5 persen, Mahfud MD 5,3 persen, dan Erick Thohir 5,2 persen. Sementara tokoh-tokoh lain mendapatkan persentase di bawah lima persen.

Namun, pada pertanyaan semi terbuka tentang simulasi tokoh calon wakil presiden atau pertanyaan dengan nama-nama yang sudah disodorkan Populi Center, hasilnya paling banyak Ridwan Kamil 19,3 persen.

Lalu disusul Sandiaga Uno 16,5 persen, Erick Thohir 10,4 persen, Mahfud MD 9,3 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 8,8 persen, Anies Baswedan 7,6 persen, Andika Perkasa, 4,1 persen, Gibran Rakabuming Raka 3,8 persen, dan Khofifah Indar Parawansa 3,6 persen.

“Sebagai nama baru pada posisi calon wakil presiden, sosok Mahfud MD dan Gibran Rakabuming Raka mendapatkan dukungan cukup tinggi dari masyarakat,” ujar Rafif.

Survei Populi Center kali ini dilakukan terhadap 1.200 responden dari 38 provinsi Indonesia selama periode 4-12 Mei 2023. Survei nasional ini menggunakan metode acak bertingkat, dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Margin of error dari survei ini kurang lebih 2,83 persen. Proses wawancara dilakukan secara tatap muka dengan menggunakan aplikasi survei Populi Center.

(dhf/isn)

[Gambas:Video CNN]

Survei
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com