...
0

Ratusan Warga Garut Klarifikasi Data Usai Jadi Korban Pinjaman Fiktif

RajaBackLink.com
ratusan-warga-garut-klarifikasi-data-usai-jadi-korban-pinjaman-fiktif

Ratusan warga Desa Sukabakti di Garut yang terjerat kasus pinjaman fiktif mengklarifikasi data untuk menghapus catatan utang mereka. Ilustrasi. Ratusan warga Desa Sukabakti di Garut yang terjerat kasus pinjaman fiktif mengklarifikasi data untuk menghapus catatan utang mereka. (Gadini/Pixabay)

Jakarta, CNN Indonesia

Ratusan warga Desa Sukabakti, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut yang terjerat kasus pinjaman fiktif mengklarifikasi data untuk menghapus catatan utang mereka. 

Proses verifikasi data ini dilakukan di Kantor Desa Sukabakti sejak Selasa (18/7) lalu, dan dilakukan langsung oleh pihak PT Permodalan Nasional Mardani (PNM) Mekaar.

“Diadakan oleh pihak PNM untuk mengklarifikasi data masyarakat yang diduga menjadi korban pinjaman PNM yang tidak merasa meminjam,” kata Kaur Umum Desa Sukabakti Kartini seperti dikutip dari CNNIndonesia TV, Kamis (20/7).

Kartini menyebut dari 407 warga yang menjadi korban pinjaman fiktif ini, 303 di antaranya sudah melakukan proses klarifikasi data.

Dalam proses klarifikasi ini, setiap warga diminta membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) sebagai bukti bahwa mereka tidak melakukan pinjaman di PNM.

“Untuk proses penghapusan data dari pihak PNM ke masyarakat, biar enggak ada catatan hitam lah,” ucap Kartini.

Sebelumnya, polisi turun tangan mengusut kasus 407 warga Desa Sukabakti, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut yang mendadak memiliki utang, padahal tak pernah meminjam.

Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Ibrahim Tompo mengatakan pihaknya belum menerima laporan polisi terkait kasus tersebut. Namun, proses penyelidikan tetap dilakukan dengan mengumpulkan bukti-bukti awal terkait kasus tersebut.

“Dari uraian kejadian nya, dugaan sementara kasus ini adalah penipuan dan penggelapan dari pengurus PNM,” kata Tompo saat dikonfirmasi, Kamis (20/7).

(dis/dzu)

[Gambas:Video CNN]

Ratusan
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com