0

5 Makanan yang Bisa Redakan GERD pada Ibu Hamil

RajaBackLink.com
5-makanan-yang-bisa-redakan-gerd-pada-ibu-hamil

Ibu hamil rentan akan kondisi refluks asam lambung atau GERD. Ada beberapa makanan yang bisa meredakan GERD pada ibu hamil. Ilustrasi. Ada beberapa makanan yang bisa meredakan GERD pada ibu hamil. (Istockphoto/Sasiistock)

Jakarta, CNN Indonesia

Ibu hamil bisa mengalami gastroesophageal reflux disease (GERD). Pemicu GERD pada ibu hamil salah satunya karena perubahan hormon yang biasanya terjadi di trimester pertama kehamilan.

Namun tak perlu khawatir, beberapa makanan bisa membantu meredakan gejala GERD saat hamil.

Meningkatnya kadar hormon selama kehamilan jadi salah satu perubahan yang terjadi pada ibu hamil. Dokter spesialis kebidanan dan kandungan di Eka Hospital Bekasi Finna Hardjono mengatakan, peningkatan ini bisa memperlambat pergerakan otot di saluran cerna dan memicu makanan serta asam lambung jadi lebih lama dicerna.

Saat ini terjadi, refluks asam bisa muncul hingga menyebabkan GERD. GERD sendiri merupakan kondisi saat asam lambung naik hingga ke arah kerongkongan.

“Selain itu, ukuran rahim yang semakin besar dan bisa memenuhi rongga perut juga bisa memperparah GERD. Karena rahim akan mendesak organ perut lain,” kata Finna dalam keterangan tertulis yang diterima CNNIndonesia.com, Kamis (27/7).

GERD bisa membuat ibu hamil tidak nyaman. Selain itu, asupan nutrisi dan gizi tidak seimbang akibat gejala GERD bisa membuat pertumbuhan dan perkembangan janin mengalami masalah.

“Jalan paling ampuh agar terhindar dari masalah gizi akibat GERD ini tentu dengan makan teratur dan selalu memenuhi kebutuhan protein, buah, hingga sayur selama kehamilan,” kata Finna.

Tapi sayangnya, saat GERD menyerang, ibu hamil justru tak ingin makan apa pun. Belum lagi mual dan rasa tidak nyaman di perut membuat makanan apa pun terasa sulit ditelan.

Oleh karena itu, sangat penting menghilangkan gejala GERD supaya bisa makan dengan lancar.

Supaya gejala GERD tidak semakin parah, Finna menyarankan agar ibu hamil bisa meredakannya melalui konsumsi makanan tertentu. Berikut beberapa jenis makanan yang bisa meredakan GERD pada ibu hamil.

1. Jahe

Ilustrasi jahe bubukIlustrasi. Jahe, salah satu makanan yang meredakan GERD pada ibu hamil. (iStockphoto/egal)

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi. Asupan jahe bisa meredakan gejala GERD hingga mengatasi mual di pagi hari.

2. Pisang

Pisang merupakan sumber potasium yang dinilai bisa menetralisir kadar asam lambung. Ibu hamil bisa mengonsumsi pisang sebagai sarapan atau camilan sebelum makan siang.

3. Sayuran hijau

Sayuran memiliki kandungan serat yang tinggi. Karena sifatnya yang basa, sayuran tak akan memicu refluks asam lambung, terutama saat hamil.

Ibu hamil bisa mengonsumsi sayuran hijau seperti kangkung, bayam, seledri, kale, dan berbagai jenis sayuran hijau lainnya.

4. Gandum utuh

Gandum merupakan sumber karbohidrat kompleks. Gandum juga mengandung serat yang cukup tinggi. Serat bisa membuat ibu hamil kenyang lebih lama sekaligus meredakan rasa tidak nyaman akibat GERD.

5. Daging tanpa lemak

Buang kulit dan bagian lemak saat mengonsumsi daging unggas dan daging merah.

Daging tanpa kulit jadi salah satu sumber protein yang baik untuk ibu hamil. Jika ingin mengonsumsi daging, sebaiknya buang kulitnya dan masak hingga benar-benar matang.

(tst/asr)

[Gambas:Video CNN]

Makanan
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com
RajaBackLink.com
Postingan Lainnya
RajaBackLink.com