0

China Perketat Ekspor Drone karena Takut Dipakai di Ukraina

RajaBackLink.com
china-perketat-ekspor-drone-karena-takut-dipakai-di-ukraina

Kementerian Perdagangan China memutuskan memperketat ekspor pesawat tanpa awak atau drone mereka karena 'takut' digunakan untuk perang di Ukraina. Drone China. (REUTERS/ALY SONG)

Jakarta, CNN Indonesia

Kementerian Perdagangan China memutuskan memperketat ekspor pesawat tanpa awak atau drone mereka karena ‘takut’ digunakan untuk perang di Ukraina.

Pembatasan itu nantinya bakal mewajibkan vendor meminta izin untuk mengekspor mesin drone tertentu, laser, pencitraan, komunikasi dan peralatan radar, serta sistem anti-drone.

Drone kelas konsumen dengan spesifikasi tertentu juga bakal dikenakan dalam pembatasan ini.

Diberitakan CNN, pembatasan ekspor ini mulai berlaku per 1 September mendatang. Kemendag China beralasan langkah ini diambil untuk “menjaga keamanan dan kepentingan nasional”.

Seorang juru bicara kementerian yang tak bisa diidentifikasi mengatakan semua drone sipil yang tidak termasuk dalam pembatasan dilarang diekspor untuk tujuan militer.

[Gambas:Video CNN]

“Perluasan ruang lingkup kontrol drone China kali ini merupakan langkah penting untuk menunjukkan komitmen sebagai negara besar yang bertanggung jawab untuk menerapkan inisiatif keamanan global dan menjaga perdamaian dunia,” demikian keterangan jubir tersebut dalam sebuah pernyataan.

Disebutkan pula bahwa Negeri Tirai Bambu “secara konsisten menentang penggunaan drone sipil untuk tujuan militer.”

Seorang juru bicara mengatakan langkah pengendalian China pada drone tertentu ini guna mencegah pesawat nirawak Beijing digunakan untuk “tujuan non-damai.”

Dia juga menyebut beberapa perusahaan drone sipil telah mengambil inisiatif untuk menangguhkan operasi mereka di daerah konflik sejak krisis di Ukraina dimulai.

Drone memang menjadi salah satu fitur yang cukup menonjol dari perang modern. Apalagi, Rusia kerap menggunakan perangkat ini selama berperang melawan Ukraina.

Lebih jauh, drone sipil juga menjadi sorotan dalam konflik kedua negara pecahan Soviet itu. Sebab drone ini punya potensi untuk diubah atau digunakan untuk keperluan militer.

(blq/bac)

China
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com
RajaBackLink.com
Postingan Lainnya
RajaBackLink.com