...
0

Kebakaran Hebat Pelabuhan Tegal, Ganjar Koordinasi Proses Pemadaman

RajaBackLink.com
kebakaran-hebat-pelabuhan-tegal,-ganjar-koordinasi-proses-pemadaman

CNN Indonesia

Rabu, 16 Agu 2023 20:36 WIB

Kebakaran di Pelabuhan Jongor, Tegal sudah terjadi sejak dua hari lalu. Proses pemadaman belum tuntas karena terkendala angin kencang.
Petugas berusaha memadamkan api kapal nelayan yang terbakar di Pelabuhan Jongor, Tegal, Jawa Tengah, Selasa (15/8/2023). (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Jakarta, CNN Indonesia

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo turun langsung memantau pemadaman kebakaran puluhan kapal di Pelabuhan Jongor, Kota Tegal pada Rabu (16/8).

Kebakaran itu sudah melanda sejak Senin lalu. Namun pemadaman belum benar-benar tuntas karena terkendala angin kencang.

“Ini ada penambahan kapal yang terbakar karena kondisi angin maka kami dibantu seluruh tim. Ada dari Angkatan Laut, dari Kodim, Polres, terus ini komplit dari kementerian kelautan dan perikanan (KKP) juga datang semuanya,” kata Ganjar mengutip Antara.

Mengetahui pemadaman api terkendala, Ganjar lantas menghubungi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto melalui sambungan telepon.

Dia meminta bantuan agar pemadaman bisa lekas dituntaskan.

“Ditembak dengan pemadam kebakaran yang manual tidak selesai, nampaknya butuh waterboom pakai helikopter. Dari sana sudah siap,” ujarnya.

Data terbaru menyebutkan jumlah kapal yang terbakar bertambah lima unit sehingga total jumlah kapal yang terbakar sebanyak 57 unit kapal dan satu rumah ikut terdampak kebakaran.

Setelah proses pemadaman dan evakuasi bangkai kapal selesai, langkah berikutnya yaitu mendesain ulang pelabuhan dan menyiapkan regulasi yang tegas agar kejadian serupa tidak terulang.

“Setelah itu saya sudah minta tadi dari pemkot, dari pemprov, dari KKP juga untuk kita redesain. Bagaimana regulasinya, bagaimana secara fisiknya agar ini bisa diatur dan tidak terulang. Aturannya mesti keras,” katanya.

[Gambas:Instagram]

Peraturan baru tentang kepemilikan kapal juga perlu ada. Pasalnya, dari 57 kapal yang terbakar, tak ada yang diasuransikan oleh pemiliknya.

Ganjar mengatakan perlu ada edukasi dari Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) tentang bagaimana mengasuransikan kapal.

Ganjar juga sudah menyiapkan bantuan bagi para nelayan. Khususnya mereka yang terdampak dan tidak bisa melaut.

“Kami minta para nelayan yang tidak bisa melaut hari ini, kami kasih bantuan makanan dulu karena selama beberapa hari ini, ia akan kesulitan,” katanya.

(Antara/bmw)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika ingin menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Kebakaran
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com