0

Survei Indikator: Ganjar Raih 40 Persen Ceruk Pemilih PKB

RajaBackLink.com
survei-indikator:-ganjar-raih-40-persen-ceruk-pemilih-pkb

Jakarta, CNN Indonesia

Hasil survei Indikator Politik Indonesia menyebut Ganjar Pranowo mendapat dukungan sekitar 40 persen dari pendukung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Pilpres 2024.

Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia Hendro Prasetyo menjelaskan pendukung partai belum tentu memilih capres yang diusung oleh partai tersebut. Sehingga, pendukung partai berpotensi memilih kandidat capres di luar koalisi.

Hendro mengatakan pemilih PKB lebih mendukung Ganjar ketimbang Prabowo Subianto yang notabene sebagai kandidat diusung partai pimpinan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

“Menarik di sini 40,3 persen warga PKB memilih Ganjar. Padahal kita tahu PKB ini salah satu pengusung Prabowo sejak awal. Yang memilih Prabowo baru 30,5 persen. Split-nya kelihatan,” ujar Hendro dalam pemaparannya di Jakarta, Jumat (18/8).

Di sisi lain, kata Hendro, PPP yang mendukung Ganjar juga belum terkonsolidasi. Sekitar 30,8 persen pendukung PPP lebih condong ke Prabowo dan 34,6 persen masih memilih Ganjar.

“Kemudian, kita lihat PPP. PPP ini sudah memilih Ganjar baru 34.6 persen. Angka yang tidak jauh berbeda itu memilih 30.8 persen. Jadi masih terpilah, bahkan yang memilih Anies ada 20.8 persen,” ujarnya.

Hal yang sama juga terjadi di koalisi partai pendukung Anies Baswedan. Menurut Hendro, sekitar 32 persen pemilih Demokrat mendukung Ganjar.

“Demokrat ini 44.9 persen yang mendukung Anies, kurang dari 50 persen. Dari tiga partai (PKS, NasDem, Demokrat) mendukung partai yang rekomendasikan adalah NasDem dan PKS,” ujarnya.

Hendro mengatakan partai yang menunjukkan dukungan solid atau persentase dukungan partai di atas 50 persen ialah Gerindra dengan 76,7 persen memilih Prabowo.

Kemudian NasDem 62,9 persen dan PKS 68,6 persen memilih Anies. Selanjutnya, PDIP dengan 69.5 persen memilih Ganjar.

Survei ini digelar pada 15-21 Juli 2023 secara nasional dengan jumlah responden sebanyak 1.811 orang melalui wawancara tatap muka.

Pemilihan sampel dilakukan dengan metode multistage random sampling dengan tingkat margin of error lebih kurang 2.35 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Sebagai informasi, Ganjar Pranowo saat ini didukung PDIP, PPP, Perindo dan Hanura dengan 147 kursi parlemen.

Kemudian, Prabowo Subianto didukung Gerindra, PKB, Golkar, PAN dan PBB dengan 265 kursi. Selanjutnya, Anies Baswedan didukung NasDem, PKS dan Demokrat dengan 163 kursi parlemen

(pan/fra)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika ingin menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Survei
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com
RajaBackLink.com
Postingan Lainnya
RajaBackLink.com