...
0

Pengusaha Pede El Nino Tak Bikin Produksi Sawit Seret

RajaBackLink.com
pengusaha-pede-el-nino-tak-bikin-produksi-sawit-seret

CNN Indonesia

Kamis, 24 Agu 2023 12:22 WIB

Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) percaya diri jika fenomena el nino tak akan mempengaruhi produksi minyak kelapa sawit secara signifikan.
Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) percaya diri jika fenomena el nino tak akan mempengaruhi produksi minyak kelapa sawit secara signifikan. (ANTARA FOTO/MOHAMMAD AYUDHA)

Jakarta, CNN Indonesia

Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) percaya diri atau PD jika fenomena el nino tak akan mempengaruhi produksi minyak kelapa sawit (CPO) secara signifikan.

Ketua Umum Gapki Eddy Martono mengatakan pihaknya selalu menyiapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) pencegahan demi mengantisipasi masa kekeringan setiap tahunnya.

Selain itu, Gapki juga bekerja sama dengan pemerintah dalam mengatasi kekeringan seperti salah satunya yakni membuat hujan buatan.

“Paling tahun ini ada keterlambatan kematangan buah saja, karena kalau tidak ada hujan buat itu lambat matangnya,” ucapnya dalam workshop wartawan di Bandung, Rabu (23/8).

Eddy juga menyebut dampak dari el nino pada produksi CPO tidak akan terasa tahun ini. Ia menuturkan setelah berkomunikasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), el nino tahun ini tetap ada tetapi tak akan separah pada 2015 atau 2019 lalu.

Oleh karena itu Eddy tak begitu khawatir soal dampak el nino tahun ini.

Meski demikian, Eddy mengatakan mau meremehkan hal ini. Ia mengatakan sudah memberikan sejumlah instruksi pada para pengusaha sawit seperti meminta anggota Gapki melakukan perawatan sawit dengan benar.

“Contoh pemupukan dilakukan clear sebelum el nino, supaya begitu nanti (el nino) terjadi kita gak bisa memupuk. Jadi pada waktu setelah el nino produksi tidak langsung terjun bebas,” jelas Eddy.

Selain itu, ia juga melarang pengusaha melakukan pemangkasan pelepah saat terjadi el nino. Tak hanya itu, Eddy juga meminta pengusaha tak melakukan penyemprotan pupuk.

“Kami tetapkan sosialisasi secara terus menerus dan juga tidak boleh melakukan penyemprotan, itu bahaya,” pungkasnya.

(mrh/rds)

[Gambas:Video CNN]

Pengusaha
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com