0

Menkes Ungkap 200 Ribu Kasus Penyakit Pernapasan Imbas Polusi Udara

RajaBackLink.com
menkes-ungkap-200-ribu-kasus-penyakit-pernapasan-imbas-polusi-udara

CNN Indonesia

Kamis, 24 Agu 2023 19:27 WIB

Menteri Kesehatan Budi Gunadi menyebut jumlah penyakit pernapasan di DKI Jakarta kini mencapai 200 ribu seperti obstruksi kronis, asma, dan pneumonia.
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut jumlah penyakit pernapasan di DKI Jakarta kini mencapai 200 ribu imbas polusi udara di ibu kota (CNN Indonesia/Khaira Ummah)

Jakarta, CNN Indonesia

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut jumlah penyakit pernapasan di DKI Jakarta kini mencapai 200 ribu imbas polusi udara di ibu kota.

Jenis penyakit pernapasan yang paling sering dialami masyarakat Indonesia adalah antara lain obstruksi kronis, asma, dan pneumonia.

“Khususnya di Jakarta, kita lihat sebelum Covid-19 itu 50 ribuan lah ya yang kena, sekarang sudah naik ke 200 ribuan. Nah, itu ada akibatnya dari polusi udara ini,” kata Budi dalam rekaman suara, Kamis (24/8). Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengizinkan CNNIndonesia.com izin mengutip pernyataan tersebut.

Budi mengatakan total klaim BPJS dari lima jenis penyakit pernapasan sudah mencapai Rp10 triliun. Jumlah tersebut diperkirakan meningkat seiring dengan naiknya kasus penyakit pernapasan.

Budi mengatakan penanganan polusi udara ini merupakan tanggung jawab lintas sektor. Misalnya, Kemenkes meminta agar sektor di hulu seperti bidang transportasi, energi, lingkungan hidup, untuk serius dalam memikirkan cara mengurangi polusi udara ini.

Kemenkes, kata Budi, berada di hilir. Oleh karena itu, yang bisa dilakukan Kemenkes adalah mengampanyekan cara meminimalisir paparan polusi udara.

Budi optimistis Indonesia khususnya DKI Jakarta mampu mengatasi masalah polusi udara. Pasalnya, ini bukan masalah baru di dunia.

“Yang masih memberikan optimisme di kita adalah hal seperti ini, polusi udara, sudah terjadi di negara lain dan bisa dikendalikan, yang paling baik dan paling cepat China,” ujar Budi.

Polusi udara menjadi persoalan yang mencuat belakangan ini. Ketua Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi DKI Jakarta Ida Mahmudah sebelumnya juga meminta penerapanganjil genap (gage) selama 24 jam guna menekan polusi udara di ibu kota negara RI itu.

Ida mengatakan kebijakan bekerja dari rumah (WFH) bagi 50 persen aparatur sipil negara (ASN) diDKI Jakarta perlu segera dievaluasi. Menurutnya, jika upaya itu tak berpengaruh terhadap polusi udara di Jakarta, maka ganjil genap selama 24 jam nonstop perlu diterapkan.

“Harapan saya Pemda segera untuk mengevaluasi yang sudah dilakukan beberapa hari ini. Masukan dari saya kalau memang evaluasinya sangat kecil, mengurangi polusi segera dilakukan ganjil genap ini berlaku 24 jam,” kata Ida di Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Kamis (24/8).

(khr/bmw)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika ingin menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Menkes
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com
RajaBackLink.com
Postingan Lainnya
RajaBackLink.com