...
0

Pengusaha Ungkap El Nino Bisa Tekan Produksi Sawit

RajaBackLink.com
pengusaha-ungkap-el-nino-bisa-tekan-produksi-sawit

CNN Indonesia

Rabu, 30 Agu 2023 18:20 WIB

Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) mengungkapkan kekeringan yang tengah terjadi saat ini bisa memicu keterlambatan kematangan buah sawit.
Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) mengungkapkan kekeringan yang tengah terjadi saat ini bisa memicu keterlambatan kematangan buah sawit. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/BUDI CANDRA SETYA).

Jakarta, CNN Indonesia

Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) mengungkapkan kekeringan yang tengah terjadi saat ini bisa memicu keterlambatan kematangan buah sawit. Jika terus terjadi produksi sawit bisa turun pada beberapa tahun mendatang.

“Dampak kekeringan terhadap produksi kelapa sawit memang tidak langsung terjadi di tahun terjadinya kekeringan, kecuali terjadi kebakaran di kebun. Dampak pada tahun tersebut hanya keterlambatan kematangan buah,” ujar Ketua Gapki Edi Martono kepada CNNIndonesia.com, Rabu (30/8).

Kendati, kematangan buah yang terlambat membuat produksi hasil kelapa sawit sedikit menurun. Mengingat di beberapa wilayah anggota Gapki masih terjadi hujan, dampaknya belum terlalu mengkhawatirkan.

“Memang tren nya sedang turun tetapi ditambah dengan musim kemarau, ini belum El Nino karena di berapa provinsi masih ada hujan, penurunan tidak banyak masih di bawah 10 persen,” jelasnya.

Menurutnya, jika El Nino betul-betul terjadi di Indonesia, maka bisa dipastikan produksi sawit akan turun pesat di tahun berikutnya. Bahkan bisa lebih dari 10 persen seperti saat ini.

“Tetapi apabila terjadi El Nino benar-benar terjadi, maka dampaknya tahun berikutnya bahkan sampai dengan dua tahun, produksi akan turun,” imbuhnya.

Karenanya, ia berharap El Nino tidak terjadi. Dengan demikian, pada periode September produksi akan meningkat lagi karena mulai memasuki musim hujan.

“Memang tren nya demikian, baru akan mulai naik (produksi) nanti biasanya di September dan nanti puncaknya di Februari sampai dengan April,” pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]

(ldy/fby)

Pengusaha
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com