0

Raja Thailand Pangkas Hukuman Eks PM Thaksin, 8 Tahun Jadi Setahun

RajaBackLink.com
raja-thailand-pangkas-hukuman-eks-pm-thaksin,-8-tahun-jadi-setahun

Tim | CNN Indonesia

Jumat, 01 Sep 2023 17:35 WIB

Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn, memangkas masa hukuman penjara bagi mantan perdana menteri Thaksin Shinawatra dari delapan tahun menjadi satu tahun.
Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn, memangkas masa hukuman penjara bagi mantan perdana menteri Thaksin Shinawatra dari delapan tahun menjadi satu tahun. (AFP Photo/Lillian Suwanrumpha)

Jakarta, CNN Indonesia

Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn, memangkas masa hukuman penjara bagi mantan perdana menteri Thaksin Shinawatra dari delapan tahun menjadi satu tahun.

Pemerintah Thailand menyatakan Maha Vajiralongkorn mengambil keputusan itu pada hari ini, Jumat (1/9), sehari setelah Thaksin meminta pengampunan raja.

Thaksin sendiri langsung dijebloskan ke penjara pada 22 Agustus lalu, di hari ia baru saja kembali ke Thailand setelah mengasingkan diri lebih dari 15 tahun.

Selama mengasingkan diri, MA Thailand sebetulnya telah menjatuhkan vonis delapan tahun penjara terkait tiga kasus. Kasus tersebut di antaranya mencakup soal bekas perusahaannya, yaitu Shin Corp, juga pinjaman bank hingga kasus lotre.

Meski tahu hukuman menantinya, Thaksin memutuskan untuk pulang dua pekan lalu. Sejak sebelum menginjakkan kaki di Thailand, Thaksin memang sudah menyatakan bakal menjalani proses hukum di Thailand agar bisa berkumpul kembali dengan anak-cucu.

Namun, sejumlah analis menganggap Thaksin berani pulang karena serangkaian peristiwa terkini di perpolitikan Negeri Gajah Putih, salah satunya pemilihan pemimpin baru.

[Gambas:Video CNN]

Kepulangan Thaksin ini bertepatan dengan pemungutan suara parlemen untuk perdana menteri baru Thailand, di mana Srettha Thavisin akhirnya keluar sebagai pemenang.

Srettha merupakan anggota Partai Pheu Thai, yang dulu bernama Thai Rak Thai. Thaksin merupakan pendiri partai Thai Rak Thai.

Sejumlah analis berpendapat kepulangan Thaksin ke Thailand kemungkinan karena ada kesepakatan antara Pheu Thai dengan koalisi barunya yang mencakup militer. Mereka diduga kongkalikong mempersingkat hukuman Thaksin.

(has/has)

Thailand
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com
RajaBackLink.com
Postingan Lainnya
RajaBackLink.com