...
0

Kebakaran Gunung Arjuno Jatim Meluas, Semua Akses Wisata Ditutup

RajaBackLink.com
kebakaran-gunung-arjuno-jatim-meluas,-semua-akses-wisata-ditutup

CNN Indonesia

Selasa, 05 Sep 2023 18:23 WIB

Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Gunung Arjuno Jawa Timur terus meluas. Petugas masih terus berusaha melakukan proses pemadaman.
Gunung Arjuno di Jawa Timur kebakaran. ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Jakarta, CNN Indonesia

Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Gunung Arjuno terus meluas. Pengelola Taman Hutan Rakyat Raden Soerjo (Tahura R Soerjo) memutuskan menutup semua akses wisata alam di wilayah Gunung Arjuno-Welirang, Jawa Timur sampai waktu yang tidak ditentukan.

“Sebagai upaya mitigasi risiko bencana kebakaran hutan, semua akses wisata alam di wilayah Tahura R Soejo ditutup sampai waktu yang tidak ditentukan,” kata Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jatim Jumadi saat dikonfirmasi, Selasa (5/9).

Wisata alam yang ditutup sementara itu yakni pendakian Gunung Arjuno-Welirang, pendakian Gunung Pundak, pendakian bukit Watu Jengger, Bukit Semar, Bukit Cendono hingga komplek pemandian air panas Cangar.

Kata Jumadi, luas lahan yang terbakar di Gunung Arjuno terus meluas hingga 3.315 hektare per Senin (4/9). Padahal 2 hari sebelumnya atau pada Sabtu (2/9) masih tercatat 1.200 hektare.

“Luas lahan yang terbakar cepat meluas karena faktor angin kencang di atas Gunung Arjuno,” ujarnya.

Kebakaran hutan di Gunung Arjuno terpantau sudah terjadi sejak 26 Agustus 2023 lalu. Penyebabnya dipicu karena faktor alam berupa gesekan ranting saat musim kemarau. Selain itu juga dipicu oleh ulah pemburu liar yang membakar lahan, untuk memudahkan perburuan satwa.

Upaya pemadaman api di Gunung Arjuno dilakukan secara manual melibatkan relawan pemadam api, serta menggunakan metode water bombing atau penyiraman air dengan helikopter BNPB.

Kepala UPT Tahura R Soerjo Dinas Kehutanan Provinsi Jatim Ahmad Wahyudi mengatakan pihaknya membutuhkan banyak tenaga untuk melakukan pemadaman api di Gunung Arjuno. Mereka pun mengajak masyarakat untuk menjadi relawan pemadam api kebakaran hutan.

“Selama ini tim gabungan hanya berjumlah 600 orang,” kata Ahmad.

Mereka tersebar di 4 posko yakni di posko Tretes (Pasuruan), posko Lawang (Malang), poso Sumberbrantas (Kota Batu), dan posko wilayah Mojokerto.

Relawan pemadam api yang mendaftar akan dipusatkan di 2 titik lokasi pemadaman, yakni posko Tretes (Pos pendakian Arjuno-Welirang via Tretes, dan Posko Sumberbrantas (Pos pendakian Arjuno-Welirang via Sumberbrantas).

“Para relawan akan melakukan pemadaman darat untuk memadamkan titik api yang masih menyala,” pungkasnya.

(frd/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika ingin menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Kebakaran
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com