...
0

KTT G20 di India Hari Ini: Jokowi-Biden Hadir, Xi Jinping-Putin Absen

RajaBackLink.com
ktt-g20-di-india-hari-ini:-jokowi-biden-hadir,-xi-jinping-putin-absen

CNN Indonesia

Sabtu, 09 Sep 2023 07:50 WIB

KTT G20 digelar di India, Sabtu (9/9). Presiden Joko Widodo dan Presiden Joe Biden hadir, walau Presiden Xi Jinping dan Presiden Vladimir Putin absen.
KTT G20 digelar di India, Sabtu (9/9). Presiden Joko Widodo dan Presiden Joe Biden hadir, walau Presiden Xi Jinping dan Presiden Vladimir Putin absen. (Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNN Indonesia

Sederet kepala negara akan menghadiri KTT G20 di New Delhi, India, mulai hari ini, Sabtu (9/9). Presiden Joko Widodo dan Presiden Joe Biden hadir, walau Presiden Xi Jinping dan Presiden Vladimir Putin bakal absen.

Jokowi dilaporkan sudah tiba di Air Force Station (AFS) Palam, New Delhi, pada Jumat pukul 19.40 waktu setempat, usai menempuh penerbangan sekitar enam jam.

Dalam KTT G20 kali ini, Jokowi akan membawa sejumlah isu ke meja diskusi, salah satunya stabilitas dan perdamaian sebagai kunci kemakmuran dunia.

“Menurut saya, stabilitas dan perdamaian adalah kunci kemakmuran bahwa dunia membutuhkan safe house. Kolaborasi dan kerja sama itu harus diutamakan,” ucap Jokowi.

“Indonesia akan terus menyuarakan kepentingan negara berkembang terkait inklusifitas dan hak-hak untuk menyejahterakan rakyatnya termasuk di dalamnya adalah hilirisasi industri.”

Jokowi juga dijadwalkan akan turut memimpin pertemuan MIKTA Leader’s Gathering ke-1 yang akan digelar di tempat yang sama.

Selain Jokowi, beberapa kepala negara lainnya juga akan hadir, termasuk Biden, Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak, PM Jepang Fumio Kishida, PM Australia Anthony Albanese, Presiden Prancis Emmanuel Macron, dan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman.

Di sisi lain, Putin dipastikan tidak akan menghadiri KTT G20, sementara Xi Jinping bakal diwakilkan oleh Perdana Menteri Li Qiang.

[Gambas:Video CNN]

Para kepala negara yang hadir akan mengikuti serangkaian diskusi di India, sebagai tuan rumah dan ketua G20 tahun ini.

Dilansir Reuters, untuk keketuaan tahun ini, India mengusung tema “Vasudhaiva Kutumbakam” berarti “Dunia adalah Sebuah Keluarga”, yang diambil dari teks Sanskerta kuno.

Di bawah kepemimpinan India, blok G20 fokus pada pembahasan soal reformasi arsitektur utang internasional, peraturan mengenai mata uang kripto, dan dampak ketidakpastian geopolitik terhadap ketahanan pangan dan energi.

India
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com