...
0

Batal Tilang Manual, Kendaraan Tak Lolos Uji Emisi Bakal Dipantau ETLE

RajaBackLink.com
batal-tilang-manual,-kendaraan-tak-lolos-uji-emisi-bakal-dipantau-etle

CNN Indonesia

Kamis, 14 Sep 2023 07:34 WIB

Selain tarif parkir disinsentif, sanksi menggunakan sistem Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau berbasis CCTV juga disiapkan.
Ilustrasi. Kendaraan tidak lolos uji emisi akan dipantau ETLE. (CNN Indonesia/Hesti Rika)

Jakarta, CNN Indonesia

Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan polisi mengkaji penerapan sanksi tilang bagi kendaraan tak lolos maupun enggan mengikuti uji emisi. Selain tarif parkir disinsentif, sanksi menggunakan sistem Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau berbasis CCTV juga disiapkan.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan ini menjadi alternatif dalam menggalakkan uji emisi dengan memanfaatkan teknologi yang telah ada.

“Sekarang pemasangan titik-titik ETLE tahun ini ada tambahan 70 titik tentu dengan tambahan itu kami akan link kan data di Pemprov DKI dan KLHK sudah ada e-uji emisi di dalam aplikasi kita yang terintegrasi dengan Dishub dan rekan-rekan DLH,” kata Syafrin di Gedung DPRD DKI Jakarta, beberapa waktu lalu.

“Misalnya satu kendaraan tidak melakukan uji melintas di satu titik otomatis dia akan ter-detect dia belum uji emisi sehingga bisa diterbitkan tilang elektronik,” sambungnya.

Polda Metro Jaya sebelumnya telah membatalkan skema tilang manual kepada para pelanggar karena dinilai cara tersebut tak efektif. Sebagai gantinya pengendara kendaraan yang tak lolos uji emisi hanya diminta ke bengkal untuk perawatan.

Sejak 1 September hingga 7 September Polda Metro Jaya mendapatkan 850 kendaraan tak lulus uji emisi. Sebanyak 66 kendaraan di antaranya dikenakan tilang bagi pengendaranya sementara sisanya diminta melakukan perbaikan ke bengkel.

Sanksi denda tilang bagi pelanggar uji emisi sebesar Rp250 ribu untuk sepeda motor dan Rp500 ribu bagi mobil. Hal itu disesuaikan dari Pasal 285 dan Pasal 286 di Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Apa yang disampaikan kepolisian, diamini Syafrin. Menurut dia mekanisme pelaksanaan razia uji emisi justru menyebabkan lalu lintas di sekitar lokasi menjadi terhambat.

“Pada saat dilakukan tilang, kita harus melakukan operasi. Jadi kendaraannya datang, otomatis dengan pola itu akan menghambat traffic,” ujar dia.

Ia menambahkan hal itu akan menciptakan simpul kemacetan baru di beberapa titik di wilayah Jakarta yang menjadi tempat lokasi razia uji emisi.

“Berapa pos yang dilakukan pelaksanaan uji emisi dan kemudian itu akan ada simpul kemacetan baru di pos yang melaksanakan uji emisi itu,” ucap Syafrin.

[Gambas:Video CNN]

(ryh/mik)

[Gambas:Video CNN]

Batal
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com