...
0

Ratusan Polisi Kawal Mediasi Rempang Dinilai Bikin Warga Terintimidasi

RajaBackLink.com
ratusan-polisi-kawal-mediasi-rempang-dinilai-bikin-warga-terintimidasi

CNN Indonesia

Jumat, 15 Sep 2023 10:17 WIB

Pemerintah akan menggelar mediasi atas konflik lahan di Pulau Rempang. Ratusan personel polisi tambahan dikirim ke lokasi.
Ilustrasi. Warga menolak PSN Rempang Eco City. Bentrok antara warga dengan aparat tak dapat dihindari. (ANTARA FOTO/Teguh Prihatna)

Jakarta, CNN Indonesia

Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Nisa Rizkiah menilai pengerahan tambahan 400 personel polisi ke Pulau Rempang, Batam, Kepulauan Riau untuk mengawal mediasi konflik lahan tak diperlukan.

Nisa menyebut pengerahan ratusan aparat itu justru akan membuat warga terintimidasi. Apalagi, kata dia, sebelumnya aparat kepolisian bersikap keras pada warga yang menolak relokasi di Rempang.

“Rasanya penambahan aparat itu sangat tidak diperlukan jika memang yang akan dilakukan adalah mediasi karena jika ada penambahan aparat justru warga pada akhirnya merasa terintimidasi,” kata Nisa di kantor ICW, Jakarta Selatan, Kamis (14/9).

Ia pun mengingatkan pemerintah agar mediasi tak cuma formalitas. Nisa menegaskan pemerintah harus mencari jalan keluar dengan mempertimbangkan nasib warga.

Nisa menyebut jangan sampai mediasi digunakan pemerintah secara tidak langsung untuk memaksa warga setuju terhadap relokasi.

“Tujuan dari mediasi ini harus dipahami betul oleh pemerintah ini jangan sebagai formalitas,” kata Nisa.

“Jangan karena kemarin terjadi belum ada kesepakatan kemudian bentrok, ‘ya sudah kita mediasi’. Tapi dimediasi hanya sekedar formalitas atau hanya misalnya memaksakan kehendak kepada warga hingga warga pada akhirnya mau menerima,” imbuhnya.

Rencana pembangunan kawasan Rempang Eco City menuai protes dari ribuan warga di sekitar pulau. Proyek tersebut masuk dalam program strategis nasional (PSN) tahun ini.

Proyek itu memicu konflik. Bentrok antara warga dengan aparat keamanan serta penegak hukum pun sempat terjadi. Puluhan warga ditangkap, sebagian jadi tersangka.

Mabes Polri mengirimkan personel tambahan ke wilayah Rempang, Batam, buntut kericuhan yang sempat terjadi di depan Kantor Badan Pengusahaan (BP) Batam.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan pengerahan empat Satuan Setingkat Kompi (SSK) atau setara 400 personel dilakukan dalam rangka pengamanan mediasi dan dialog terkait proses relokasi dari Rempang.

“Tentunya kekuatan personel saat ini terus kita tambah ada kurang lebih 4 SSK sampai hari ini yang kita tambahkan dan ini akan terus kita tambah disesuaikan dengan eskalasi ancaman yang terjadi,” kata Sigit kepada wartawan, Kamis (14/9).

(yla/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika ingin menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Ratusan
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com