...
0

Usai Kebakaran Akibat Flare Prewedding, Wisata Bromo Dibuka Lagi

RajaBackLink.com
usai-kebakaran-akibat-flare-prewedding,-wisata-bromo-dibuka-lagi

Jakarta, CNN Indonesia

Objek wisata di Gunung Bromo resmi dibuka lagi usai kebakaran akibat flare dari kegiatan prewedding sejak 6 September lalu. Diketahui usai kejadian itu, wisata Bromo sempat ditutup.

Hal itu disampaikan Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) Septi Eka Wardhani melalui keterangan tertulis, Senin (18/9). Septi mengatakan kunjungan wisata Bromo akan dibuka dari empat wilayah.

“Baik melalui pintu masuk Coban Trisula Kabupaten Malang, Wonokitri Kabupaten Pasuruan, Cemorolawang Kabupaten Probolinggo dan Senduro Kabupaten Lumajang,” kata Septi.

Septi mengatakan, wisata Bromo akan dibuka tengah malam, tepatnya Selasa (19/9) mulai pukul 00.01 WIB.

Ia mengungkapkan, pembelian tiket masuk Kawasan Bromo dan sekitarnya hanya dapat dilakukan secara online dan tidak ada pembelian karcis Bromo secara offline di seluruh pintu masuk, kecuali sistem booking online sedang bermasalah.

“Calon pengunjung diwajibkan untuk mematuhi seluruh peraturan dan larangan berlaku di dalam kawasan TN BTS yang yang tercantum di website booking online,” ucapnya.

Bagi pengunjung yang telah melakukan pembelian karcis melalui booking online pada 7-18 September 2023, dapat mengajukan reschedule.

Lebih lanjut, kunjungan Wisata ke Ranu Regulo dan Ranu Darungan juga telah dibuka untuk pengunjung. Pembelian karcis masuk Ranu Regulo dan Ranu Darungan dapat dilakukan melalui pembelian langsung di pintu masuk Ranu Regulo dan Ranu Darungan.

“Sedangkan untuk pendakian Gunung Semeru masih ditutup karena tingkat aktivitas kegunungapiannya masih pada Level III, Siaga,” katanya.

Pihaknya pun mengimbau kepada seluruh pengunjung dan pelaku jasa wisata agar mematuhi prosedur masuk, peraturan dan larangan yang berlaku di Kawasan TNBTS.

“Serta mengingatkan saat ini masih dalam masa waspada kebakaran hutan agar tidak membawa peralatan yang bisa menimbulkan kebakaran hutan antara lain api unggun, perapian, kembang api, petasan, dan flare untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan demi keselamatan, keamanan, dan kenyamanan bersama,” pungkasnya.

Diketahui, Blok Savana Lembah Watangan atau Bukit Teletubbies di Gunung Bromo mengalami kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Api berasal dari ulah pengunjung yang menyalakan flare saat sesi foto prewedding, Rabu (6/9).

Akibat kejadian itu, wisata Gunung Bromo dan sekitarnya ditutup sementara. Total luasan yang terdampak kebakaran diperkirakan mencapai 500 hektare. Polres Probolinggo pun telah menetapkan satu orang tersangka dari peristiwa itu. Ia adalah AW (41) seorang manajer wedding organizer asal Lumajang.

Penetapan tersangka ini dilakukan setelah aparat menemukan dua alat bukti. Selain itu, tersangka juga ternyata tidak memiliki Surat Ijin Masuk Kawasan Konservasi (Simaksi).

Kabar wisata Bromo dibuka lagi pun mendapat sambutan hangat dari warganet. Warganet berharap kawasan Bromo bisa kembali hijau seperti sedia kala.

(tim/pua)

[Gambas:Video CNN]

Kebakaran
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com