...
0

11 Tanda Hp Disadap, Termasuk Baterai Cepat Habis

RajaBackLink.com
11-tanda-hp-disadap,-termasuk-baterai-cepat-habis

Perusahaan keamanan siber mengungkap beberapa tanda peretasan pada Hp yang bisa diketahui. Simak rinciannya. Ilustrasi. Kenali 11 tanda peretasan pada Hp. (iStockphoto)

Jakarta, CNN Indonesia

Dengan mengetahui beberapa tanda, pengguna ponsel atau smartphone dapat mengetahui apakah perangkat mereka telah diretas atau tidak. Berikut tanda-tanda yang bisa dikenali.

Saat ini, ponsel atau smartphone sudah menjadi perangkat sehari-hari. Perangkat ini digunakan untuk hampir semua hal, mulai dari mencari info makanan, mengirim e-mail, hingga menonton film. Data-data pribadi pengguna pun disimpan di perangkat tersebut.

Tak heran, smartphone kerap menjadi sasaran bagi para peretas dengan tujuan menyadap dan mencuri data pribadi.

Beberapa teknik peretasan terbilang amat canggih hingga tak disadari pemilik ponsel, seperti software Pegasus yang diduga dimiliki otoritas negara.

Meski begitu, dilansir situs resmi perusahaan keamanan siber AVG, ada beberapa tanda peretasan pada smartphone yang bisa Anda kenali. Berikut daftar lengkapnya:

Beroperasi Lebih Lambat daripada Biasanya

Salah satu tanda ponsel yang sering diretas adalah penurunan performa. Jika situs web terlalu lama dimuat, atau jika aplikasi Anda tiba-tiba mogok, software perusak mungkin menghabiskan bandwidth atau daya pemrosesan ponsel Anda.

Terasa Panas

Jika smartphone Anda mudah sekali panas bahkan ketika sedang menjalankan aplikasi ringan, Anda patut curiga dengan adanya software peretas di dalamnya.

Biasanya, hp baru akan panas jika Anda gunakan untuk menonton film dalam jangka waktu yang lama.

Baterai lebih cepat habis

Jika baterai ponsel Anda terkuras lebih cepat dari biasanya, periksa apakah Anda membuka banyak aplikasi di latar belakang. Aplikasi latar belakang (background apps) dapat memakai banyak data, dan Anda dapat menghemat daya baterai dengan membatasi data aplikasi latar belakang.

Gangguan internet

Smartphone yang mengalami peretasan biasanya juga akan mudah mengalami gangguan jaringan. Anda perlu memeriksanya jika hal itu sering terjadi.

Iklan aneh

Kemunculan iklan pop-up pada smartphone juga bisa jadi salah satu tanda peretasan. Apalagi jika iklan tersebut terihat tak biasa atau aneh.

Yang harus Anda lakukan jika iklan tersebut muncul adalah jangan mengkliknya. Selanjutnya, Anda perlu memasang pembersih iklan (adware cleaner).

Situs terlihat beda

Terkadang Google mengubah tampilan beranda mereka untuk hari khusus, tetapi jika Anda memperhatikan bahwa banyak situs terlihat berbeda dari biasanya, itu bisa menandakan iPhone atau Android yang diretas.

Aplikasi baru

Salah satu tanda peretasan adalah munculnya aplikasi baru tanpa sepengetahuan Anda. Jika Anda melihat aplikasi yang dimaksud, segeralah pasang penghapus malware (malware removal).

Aplikasi berhenti

Jika aplikasi Anda sering berhenti, atau ponsel sering membeku (freeze), mungkin karena smartphone Anda diretas dan perangkat lunak perusak menghabiskan sumber daya ponsel Anda.

Panggilan tak dikenal

Anda patut curiga jika tiba-tiba ada nomor tak dikenal melakukan panggilan ata mengirim pesan ke perangkat Anda. Jika pesan itu berisi tautan, ada baiknya Anda tidak sembarangan mengklik tautan tersebut.

Pasalnya, tautan itu bisa saja menuju ke situs yang memuat malware.

Penggunaan data berlebihan

Jika Anda melihat lonjakan yang tidak dapat dijelaskan dalam penggunaan data Anda, seseorang mungkin mencuri data Anda untuk sebuah serangan.

Perangkat iPhone atau Android yang diretas dapat menggunakan data Anda untuk mengirimkan informasi yang dikumpulkan dari ponsel Anda.

Tagihan tak terduga

Penggunaan data tersebut bisa berujung kepada tagihan yang berlebihan. Itu karena seseorang yang mengendalikan smartphone Anda tanpa diketahui, mungkin saja menggunakan paket data berbayar.

Atau, peretas mengirim aplikasi yang bakal menerapkan langganan dengan biaya. Aplikasi itu disebut dengan Fleeceware. 

(lth)

Tanda
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com