...
0

26 Perusahaan Pinjol Belum Penuhi Aturan Batas Modal Minimum

RajaBackLink.com
26-perusahaan-pinjol-belum-penuhi-aturan-batas-modal-minimum

OJK mencatat masih ada 26 perusahaan fintech P2P lending yang per 3 Agustus 2023 belum memenuhi aturan batas modal minimum sebesar Rp2,5 miliar. OJK mencatat masih ada 26 perusahaan fintech P2P lending yang per 3 Agustus 2023 belum memenuhi aturan batas modal minimum sebesar Rp2,5 miliar. (CNN Indonesia/Safir Makki).

Jakarta, CNN Indonesia

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat masih ada 26 perusahaan fintech P2P lending alias pinjol yang per 3 Agustus 2023 belum memenuhi aturan batas modal minimum sebesar Rp2,5 miliar sesuai aturan mereka.

Kepala Eksekutif Industri Keuangan Non Bank (IKNB) Ogi Prastomiyono mengatakan padahal pemenuhan ekuitas minimum permodalan tersebut sudah berlaku sejak 4 Juli 2023. Pemberlakuan itu tertuang dalam POJK Nomor 10/POJK.05/2022 tentang Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi.

“Masih terdapat 26 fintech P2P lending yang belum memenuhi ketentuan dimaksud,” ujarnya dalam konferensi pers hasil rapat Dewan Komisioner OJK secara virtual, Kamis (3/8).

Meski belum mematuhi aturan, OJK masih memberikan waktu sampai dengan 4 Oktober 2023 mendatang kepada 26 perusahaan tersebut memenuhi kewajiban minimum permodalan yang sudah ditetapkan.

“Bagi penyelenggara fintech P2P lending yang telah menyampaikan rencana perbaikan namun belum mengajukan permohonan tambahan modal, diberikan waktu pelaksanaan hal tersebut sampai dengan 4 Oktober 2023,” kata Ogi.

Menurut Ogi, pihaknya akan terus melakukan pemantauan dan monitoring terhadap perusahaan-perusahaan tersebut agar bisa segera menyelesaikan kewajibannya.

Sementara, bagi fintech P2P lending yang telah berizin selama tiga tahun dan belum memenuhi jumlah ekuitas minimum yang ditentukan, maka diharapkan untuk segera mencari partner strategis dalam rangka memenuhi minimum permodalan Rp2,5 miliar.

“Bagi penyelenggara fintech P2P lending yang tidak dapat memenuhi ketentuan ekuitas minimum sampai dengan tenggat waktu yang telah ditetapkan, maka akan dilakukan langkah pengawasan sesuai ketentuan,” pungkas Ogi.

[Gambas:Video CNN]

(ldy/agt)

Perusahaan
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com