...
0

3 Dugaan Pelanggaran Etik Firli Bahuri yang Akan Disidang Dewas KPK

RajaBackLink.com
3-dugaan-pelanggaran-etik-firli-bahuri-yang-akan-disidang-dewas-kpk

CNN Indonesia

Jumat, 08 Des 2023 14:27 WIB

Dewas KPK mengungkap tiga dugaan pelanggaran kode etik mantan Ketua KPK Firli Bahuri yang bakal dibawa ke persidangan pada Kamis 14 Desember 2023.
Dewas KPK mengungkap tiga dugaan pelanggaran kode etik Ketua nonaktif KPK Firli Bahuri. Tiga dugaan pelanggaran etik tersebut bakal dibawa dalam persidangan. (ANTARA FOTO/ASPRILLA DWI ADHA)

Jakarta, CNN Indonesia

Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (Dewas KPK) mengungkap tiga dugaan pelanggaran kode etik Ketua nonaktif KPK Firli Bahuri. Tiga dugaan pelanggaran etik tersebut bakal dibawa dalam persidangan.

Ketua Dewas KPK Tumpak Hatorangan Panggabean mengatakan dugaan pelanggaran etik yang pertama terkait pertemuan antara Firli dengan mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Ada beberapa pertemuan dan beberapa komunikasi-komunikasi. Itu satu,” kata Tumpak di Kantor Dewas KPK, Jakarta, Jumat (8/12).

Tumpak menyebut dugaan pelanggaran etik yang kedua terkait dengan harta kekayaan yang tidak dilaporkan secara benar oleh Firli dalam LHKPN, termasuk utang yang bersangkutan.

Lalu yang ketiga berhubungan dengan penyewaan rumah di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan.

“Ini seluruh ini sehubungan dengan pemeriksaan kami terhadap para saksi termasuk pelapor dan yang dilaporkan,” ujarnya.

Tumpak menambahkan pihaknya akan menggelar sidang perdana dugaan pelanggaran etik Firli pada Kamis 14 Desember. Ia menargetkan sidang tersebut bisa selesai sebelum pergantian tahun.

“Kamis 14 Desember 2023. Jam 9. Kita akan sidang maraton. Dan kita harapkan sebelum akhir tahun sudah selesai,” katanya.

Dewas KPK sebelumnya menggelar pemeriksaan pendahuluan atas dugaan pelanggaran etik Firli pada Jumat pagi. Pemeriksaan pendahuluan digelar setelah proses klarifikasi telah rampung dilakukan.

Firli sudah dua kali menjalani klarifikasi di Dewas KPK, yakni pada Senin (20/11) dan Selasa (5/12) lalu.

Dewas KPK juga telah melakukan klarifikasi terhadap sejumlah pihak lain, mulai dari komisioner KPK lain dan mantan Menteri Pertahanan Syahrul Yasin Limpo (SYL).

(pop/fra)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika ingin menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Dugaan
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com