0

7 Cara Agar Mimpi Indah Malam Ini, Hindari Makan Sebelum Tidur

RajaBackLink.com
7-cara-agar-mimpi-indah-malam-ini,-hindari-makan-sebelum-tidur

Jakarta, CNN Indonesia

Mimpi buruk sering bikin kacau kualitas tidur. Sebenarnya mimpi indah bisa diusahakan, kok! Simak deret cara agar mimpi indah malam ini.

Analis mimpi Lauri Loewenberg mengatakan ada cara untuk mengendalikan mimpi dan menghadirkan kembali mimpi yang membahagiakan. Namun, ini bukan satu-satunya cara untuk mengusir mimpi buruk.

Apa yang dilakukan selama terjaga akan mempengaruhi mimpi Anda. Dengan kata lain, sebenarnya ada cara-cara untuk menghindari mimpi buruk.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Mimpi buruk dan mimpi traumatis cenderung melekat dalam ingatan kita karena, menurut definisi, Anda terbangun dari mimpi buruk dan otak Anda belum selesai memproses data tersebut,” jelas dokter kesehatan tidur Michael J. Breus, mengutip dari Well and Good.

Cara agar mimpi indah

ilustrasi mimpiIlustrasi. Berikut ini sejumlah cara agar bisa tidur dengan mimpi indah. (istockphoto/Adene Sanchez)

1. Perhatikan konten yang dikonsumsi jelang tidur

Tak jarang orang bermain ponsel sebelum tidur termasuk menonton serial atau berselancar di media sosial. Breus mengingatkan agar Anda tidak mengonsumsi konten negatif apa pun setidaknya 90 menit jelang tidur.

Kenapa 90 menit? Dia menjelaskan otak perlu waktu sebanyak itu untuk memproses informasi yang jelas tidak menaikkan mood.

“Jika Anda menonton konten yang mengganggu sebelum tidur, Anda mungkin akan bermimpi tentang konten yang mengganggu tersebut,” katanya.

2. Hindari makan sebelum tidur

Ilustrasi makan dan menonton filmIlustrasi. Salah satu cara agar bisa mimpi indah adalah menghindari makan sebelum tidur. (iStock/PonyWang)

Loewenberg menyarankan untuk tidak makan sama sekali dua jam sebelum tidur.

“Jika Anda makan sesuatu yang sangat berat, sangat manis, kemungkinan besar akan menyebabkan mimpi buruk,” ungkapnya.

Kalau kelaparan di dekat jam tidur, dia berkata Anda bisa makan sayuran, salad, sandwich. Jenis makanan ini tidak akan mengganggu tidur.

3. Tunda topik obrolan yang ‘berat’

Topik obrolan yang ‘berat’ dan bisa memicu kemarahan atau emosi yang intens sebaiknya ditunda atau kualitas tidur akan terganggu.

Jika terlanjur terjadi, psikoterapis Annie Amstrong Miyao menyarankan untuk melakukan introspeksi. Sebaiknya Anda jujur dengan diri sendiri, sediakan ruang untuk segala emosi itu dan apa yang hati Anda inginkan.

“Emosi, kebutuhan, dan hasrat yang diabaikan sering muncul dalam mimpi,” katanya.

4. Mencium aroma yang menyenangkan

Ada sebagian orang yang mengenakan parfum sebelum tidur atau memasang aroma terapi di kamar. Apa aroma harum mempengaruhi tidur?

Melansir dari Woman’s Day, sebuah penelitian kecil menemukan mengendus aroma bunga pada titik tertentu dalam siklus tidur menghasilkan mimpi yang lebih positif. Sementara bau belerang dikaitkan dengan mimpi negatif.

5. Tidur dengan tubuh yang rileks

Young asian beautiful woman happy sleep on bed in morning timeIlustrasi. Salah satu cara agar bisa mimpi indah adalah tidur dengan tubuh yang rileks. (iStockphoto/marchmeena29)

Sebelum tidur, lakukan aktivitas yang santai sehingga tidur bisa dalam kondisi tubuh yang rileks dan tenang. Setidaknya satu jam sebelum tidur, Anda tidak mengakses ponsel pintar tetapi meditasi.

Anda juga bisa mandi air hangat agar otot-otot mengendur dan rasa lelah berkurang. Mendengarkan musik yang menenangkan pun membantu tubuh lebih rileks.

6. Tetapkan intensi

Terapis dan ahli mimpi Leslie Ellis menganjurkan untuk menetapkan niat atau intensi sebelum tidur. Anda bisa memikirkan atau mengungkapkan mimpi seperti apa yang diinginkan.

“Saat Anda tertidur, Anda dapat mengingat mimpi atau kenangan yang sangat indah dan membayangkan diri Anda kembali ke sana, dan menetapkan niat untuk melanjutkan mimpi ini,” kata Ellis seperti dilansir dari Mind Body Green.

7. Tidak mengonsumsi kafein setelah siang hari

Breus berkata Anda sebaiknya batas maksimal konsumsi kafein yakni jam 2 siang sebagai cara agar mimpi indah. Konsumsi kafein setelahnya berisiko membuat Anda susah tidur.

“Kafein akan membuat Anda tetap berada pada tahap tidur yang lebih ringan, sehingga [dapat menyebabkan] berkurangnya REM, di mana Anda sering bermimpi,” kata Dr. Breus

(els/pua)

[Gambas:Video CNN]

Mimpi
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com
RajaBackLink.com
Postingan Lainnya
RajaBackLink.com