0

7 Makanan Ini Bikin Paru-paru Tetap Sehat di Tengah Polusi Udara

RajaBackLink.com
7-makanan-ini-bikin-paru-paru-tetap-sehat-di-tengah-polusi-udara

Konsumsi makanan tertentu bisa membantu menjaga paru-paru tetap sehat di tengah polusi udara. Berikut beberapa makanan yang baik untuk kesehatan paru-paru. Ilustrasi. Ada beberapa makanan yang baik untuk kesehatan paru-paru. (iStock/patrickheagney)

Jakarta, CNN Indonesia

Di tengah polusi udara yang menyerang Jakarta dan sekitarnya, menjaga kesehatan paru-paru dirasa penting.

Salah satu cara untuk menjaganya adalah dengan mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan paru-paru. Makanan-makanan ini diyakini bisa memperkuat dan menetralisir penumpukan racun akibat polusi dan berbagai zat berbahaya yang masuk lewat udara.

Makanan yang baik untuk kesehatan paru-paru

Kerusakan paru-paru akibat paparan racun bisa menyebabkan berbagai penyakit. Mulai dari asma, ISPA, fibrosis paru, bahkan yang paling parah kanker paru-paru.

Walau demikian, melansir Healthline, makanan sehat kaya nutrisi ternyata bisa menetralisir racun dan membuat paru-paru lebih sehat.

Berikut ini beberapa makanan yang baik untuk paru-paru agar kesehatannya bisa terjaga.

1. Apel

Makan apel secara berkala diyakini bisa meningkatkan fungsi paru-paru. Hal ini bahkan berlaku bagi mantan perokok.

Mantan perokok yang rutin mengonsumsi apel disebut bisa mengalami penurunan fungsi paru yang lebih lambat.

Makan apel juga dikaitkan dengan menurunnya risiko asma dan kanker paru-paru. Hal ini diduga terjadi akibat tingginya konsentrasi antioksidan dalam apel, termasuk flavonoid dan vitamin C.

2. Labu

Labu mengandung berbagai senyawa tanaman yang diklaim bisa meningkatkan kesehatan paru-paru. Sebut saja karotenoid termasuk beta karoten, lutein, dan zeaxanthin yang diyakini bersifat anti-inflamasi.

3. Kunyit

ilustrasi kunyitIlustrasi. Kunyit, salah satu makanan yang baik untuk kesehatan paru-paru. (iStockphoto/margouillatphotos)

Kunyit memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi yang cukup kuat. Curcumin yang terkandung di dalamnya juga disebut memiliki manfaat untuk mendukung fungsi dan kerja paru-paru Anda.

4. Sayuran berdaun hijau

Bayam, lobak, kangkung dan sayuran hijau lainnya sangat baik untuk kesehatan paru-paru. Sayuran jenis ini juga diyakini bisa menurunkan risiko terkena penyakit kanker paru-paru.

Menukil WebMD, sebuah studi menemukan bahwa sayuran hijau baik untuk paru-paru. Manfaat ini didapat berkat kandungan karotenoid yang bersifat antioksidan dan sangat berguna untuk kesehatan paru-paru.

5. Produk susu

Susu memiliki sifat anti-inflamasi. Mengonsumsi berbagai produk olahan susu menurunkan potensi seseorang terkena kanker. Produk susu ini misalnya keju, yogurt, dan berbagai olahan susu lainnya.

6. Tomat

Tomat adalah sumber likopen yang tinggi. Zat ini memiliki andil besar berkaitan dengan kesehatan paru-paru.

Makan tomat diyakini bisa memperbaiki peradangan di saluran napas, bahkan menurunkan risiko kematian akibat penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).

7. Ikan

Mengutip berbagai sumber, omega 3 yang terkandung dalam ikan merupakan asam lemak yang baik untuk mencegah berbagai penyakit, termasuk kanker paru-paru. Anda bisa mengonsumsi ikan sebagai salah satu makanan yang baik untuk kesehatan paru-paru.

(tst/asr)

[Gambas:Video CNN]

Makanan
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com
RajaBackLink.com
Postingan Lainnya
RajaBackLink.com