ArtikelSoftware
0

Adobe Photoshop : Aplikasi Editing populer yang banyak digunakan

Sejarah Aplikasi Adobe

Adobe Photoshop awal kali mulai dikembangkan pada tahun 1987 oleh dua orang pengembang bersaudara, yaitu Thomas Knoll dan John Knoll. Pada awal perkembangannya, Adobe Photoshop bernama Display pada tahun 1987. Kemudian pada tahun berikutnya yaitu tahun 1988, namanya diubah menjadi ImagePro. Dan pada tahun 1989, setelah menjadi bagian dari perusahaan Adobe, program tersebut diganti lagi namanya menjadi Photoshop atau Adobe Photoshop dan namanya bertahan hingga sekarang ini.

Adobe Photoshop sebagai salah satu software atau aplikasi editing yang populer dan banyak dipakai oleh pengguna sampai saat ini. Ya, aplikasi ini begitu sangat membantu untuk editing terutama untuk memanipulasi gambar atau foto yang kita inginkan. Didalamnya terdapat banyak sekali tools yang sangat membantu dalam proses memanipulasi gambar. Sebagai contohnya, terdapat beberapa tools yang dapat kita gunakan untuk membuat efek blur, memotong objek, membuat objek baru, melakukan selection pada objek tertentu untuk dimanipulasi dan masih banyak lagi tools yang sangat berguna didalam aplikasi Adobe Photoshop.

dari awal perkembangannya, Aplikasi ini memulai versinya dari 1.0, 2.0, 2.5, 3.0, 4.0, 5.0, 5.5, 6.0, 7.0 lalu berlanjut ke versi CS(Creative Suite) CS1 (8.0),  CS2 (9.0), CS3, CS4, CS5, CS6 dan sekarang sudah memasukin versi CC (Creative Cloud).

Kelebihan Pada Aplikasi Adobe Photoshop

Adobe Photoshop

Aplikasi umumnya memiliki kelebihan dan juga kekurangan dalam segi performance, ataupun penggunaan. Contohnya pada Photoshop, tentunya juga memiliki kekurangan dan kelebihannya. Apa saja kelebihan pada aplikasi Aplikasi ini, mari kita simak.

Memiliki Banyak Fitur yang Sangat Berguna

Software atau Aplikasi Adobe Photoshop begitu banyak tools yang berguna dan dapat kita gunakan dengan mudah. seperti tools untuk mengcrop gambar, menyeleksi bagian tertentu pada objek yang akan dimanipulasi, membuat objek baru, mengahpus objek tertentu yang tidak diinginkan dan masih banyak lagi tools yang dapat digunakan untuk melakukan proses editing.

Mudah Digunakan

Adobe Photoshop mempermudah pengguna untuk menggunakan fungsi – fungsi yang ada pada aplikasinya. Apalagi jika kita menggunakan versi CS (Creative Suite) dan CC (Creative Cloud) dengan design aplikasi dan menempatan fitur yang sangat mempermudah pengguna untuk membuat project barunya.

Akan tetapi tetap saja, jika kamu ingin mendapatkan hasil yang bagus dalam melakukan pengeditan di aplikasi ini, pastinya kamu harus mempunyai kemampuan dasar dalam penguasaan aplikasi yang baik dan kombinasi editing yang pas, sehingga projek yang sedang kamu kerjakan mendapatkan hasil yang maksimal dan baik.

Rekomendasi Untuk para Ahli Designer dan Fotografer

Adobe Photoshop tentunya sangat rekomendasi bagi kamu yang mempunyai keahlian di bidang fotografer yang perlu melakukan pengeditan secara profesional dan juga bagi kamu yang merupakan seorang ahli designer. Dengan menggunakan aplikasi versi CC (Creative Cloud) yang memiliki banyak keunggulan dan segudang fitur yang dapat kamu gunakan seperti Shake Reduction, Blur Trace Bounds, Smoothing dan Artifact Suppression, Camera Raw dll.

Kekurangan Pada Aplikasi Adobe Photoshop

dari beberapa kelebihan yang disebutkan diatas, tentunya software ini pun memiliki beberapa kekurangan. Apa saja itu? simak pada penjelasan berikut ini.

Penggunaan Memori yang Cukup Besar

Adobe Photoshop
Penggunaan RAM pada Aplikasi ini terbilang cukup besar, ini menyebabkan lambatnya aplikasi dimuat ataupun hang pada aplikasi, sehingga kita harus terpaksa membuka ulang aplikasi ataupun menunggu hingga RAM kembali stabil dan tentunya akan memakan waktu yang lama. Software ini tidak direkomendasikan untuk diinstal ke perangkat atau komputer jadul atau komputer yang mempunya memori rendah karena akan memperlambat kinerja laptop saat melakukan proses editing.

Aplikasi Tidak Sepenuhnya Gratis

Tentu saja dengan aplikasi segudang tools ini tidak full dibuat secara gratis. Adobe menawarkan Aplikasi dengan pembelian lisensi untuk melakukan proses aktivasi untuk penggunaan secara premium. Akan Tetapi, Adobe sendiri juga memberikan trial ke produk atau aplikasinya untuk digunakan secara gratis selama 1 bulan pemakaian dan setelahnya harus mengativasi mengunakan kode lisensi.

Itulah Adobe Photoshop yang memiliki banyak sekali tools yang berguna dalam proses editing, tentunya dengan adanya aplikasi ini, kita dapat melakukan manipulasi gambar sesuka hati. dan sampai sini dulu penjelasan mengenai Adobe Photoshop kali ini. Nantikan terus update artikel lainnya di mrjulianto.com

Tags: , , ,

More Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

12 − 1 =

Most Viewed Posts
Menu