...
0

Apa Arti Cawe-cawe? Diksi Bahasa Jawa yang Dipopulerkan Jokowi

RajaBackLink.com
apa-arti-cawe-cawe?-diksi-bahasa-jawa-yang-dipopulerkan-jokowi

Presiden Joko Widodo alias Jokowi mempopulerkan istilah 'cawe-cawe'. Sebenarnya apa arti 'cawe-cawe'? Presiden Joko Widodo alias Jokowi mempopulerkan istilah ‘cawe-cawe’. (REUTERS/HASNOOR HUSSAIN)

Jakarta, CNN Indonesia

Presiden Joko Widodo alias Jokowi mempopulerkan istilah ‘cawe-cawe’. Sebenarnya apa arti ‘cawe-cawe’?

Putri Ariani, peserta America’s Got Talent 2023, bertandang ke Istana Merdeka pada Rabu (14/6). Pada Jokowi, Putri tidak minta sepeda tapi dukungan berupa ‘vote’. Jokowi pun bergurau dirinya bakal cawe-cawe.

“Nanti, kanvote-nya? Nanti saya akan ikut vote, saya cawe-cawe,” ujar Jokowi.

Belakangan istilah ‘cawe-cawe’ kian populer berkat Jokowi. Awalnya mencuat isu cawe-cawe Jokowi dalam politik tanah air. Namun dirinya tidak menampik hal tersebut.

Jokowi mengklaim, cawe-cawe yang dilakukannya demi kepentingan negara. Menurutnya, pembangunan harus berlanjut meski kepemimpinan berganti.

“Cawe-cawe untuk negara, untuk kepentingan nasional. Saya memilih cawe-cawe dalam arti yang positif, masa tidak boleh? Masa tidak boleh berpolitik? Tidak ada konstitusi yang dilanggar. Untuk negara ini, saya bisa cawe-cawe,” kata Jokowi saat menjamu sejumlah pemimpin redaksi media massa di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (29/5).

Cawe-cawe merupakan salah satu diksi dalam bahasa Jawa yang berarti ikut campur tangan.

Sebenarnya untuk merujuk pada maksud serupa, ada istilah lain yang bisa digunakan. Kata ‘nimbrung’ yang kini dipakai dalam bahasa Indonesia sebenarnya berasal dari bahasa Jawa. Selain turut serta, nimbrung juga mengandung makna mencampuri urusan orang lain.

Kemudian ada kata ‘melu-melu’ yang berarti ikut-ikutan. Kata ini tidak secara langsung berarti ikut campur, tapi menggambarkan situasi seseorang yang turut serta atau melibatkan diri dalam sebuah urusan.

Gibran menggunakan kata ini saat diminta tanggapan soal cawe-cawe ayahnya.

“Enggak. Aku kan ra tau melu-melu (saya kan enggak pernah ikut-ikutan),” kata Gibran terkait cawe-cawe dalam urusan parpol jelang Pilpres 2024.

(els/pua)

[Gambas:Video CNN]

Cawe-cawe
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com