...
0

Apa itu SEO (Search Engine Optimization) dan Optimasinya

RajaBackLink.com
apa-itu-seo-(search-engine-optimization)-dan-optimasinya

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, yaitu upaya untuk mengoptimalisasi website agar mendapatkan peringkat terbaik pada mesin pencari. Di artikel ini, kami akan membahas tentang apa itu SEO, cara kerja hingga optimasinya pada website.

Salah satu dari sekian banyak indikasi kesuksesan sebuah website adalah traffic. Traffic menunjukkan bahwa website tersebut digemari oleh pengunjungnya. Salah satu cara yang efektif untuk mendatangkan pengunjung bagi website tersebut adalah melalui search engine .

Biasanya pengunjung akan mencari website melalui search engine dengan menggunakan kata kunci atau keyword.

Salah satu cara agar website dapat lebih mudah ditemukan di search engine, adalah dengan melakukan optimasi di sisi SEO. Sebelum membahas lebih jauh tentan SEO, tentu kita harus mengetahui dahulu apa itu SEO.

SEO atau search engine optimization adalah langkah optimasi pada website agar dapat muncul di halaman pertama SERP (Search Engine Result Page) pada search engine seperti Google, Bing, dll.

Optimasi SEO sendiri dibagi menjadi 2 yaitu SEO on page dan SEO off page. Perbedaan kedua metode tersebut adalah sebagai berikut:

Promo Hosting Murah Rumahweb

SEO on Page

SEO on page adalah melakukan optimasi SEO langsung di halaman website anda. Optimasi SEO on page bisa dilakukan dengan melakukan perbaikan-perbaikan di sisi konten website seperti pemilihan keyword, struktur permalink, struktur konten, dll.

Penjelasan lebih detail tentang SEO on page dapat anda baca melalui artikel berikut: On Page SEO: Pengertian dan Cara Penerapannya

SEO off Page

SEO off page adalah metode optimasi SEO yang dilakukan diluar halaman website, seperti pemilihan nama domain yang mudah diingat dan tidak terlalu panjang, backlink hingga promosi melalui sosial media.

Manfaat SEO

Optimasi SEO memiliki banyak manfaat, berikut diantaranya ;

  • Website akan lebih mudah ditemukan di search engine.
  • Traffik website akan meningkat.
  • Website akan lebih mudah dikenal.
  • Jangakuan user yang semakin luas.
  • Meningkatkan keuntungan di sisi bisnis.

Cara kerja SEO

Cara kerja SEO pada search engine secara garis besar sama. Pada artikel kali ini, kami akan menekankan cara kerja SEO pada search engine Google. Kenapa Google? karena Google merupakan search engine yang paling banyak digunakan dan dijadikan sebagai patokan reputasi sebuah website.

Google search engine memiliki tools yang bernama web crawl. Tools inilah yang bertugas menampung seluruh informasi tentang website dan menyimpannya dalam database di mesin pencarian.

Secara garis besar, cara kerja SEO adalah sebagai berikut;

Crawling

adalah proses pengumpulan informasi website di internet baik website baru, maupun website lama yang baru saja melakukan update pada sisi kontennya. Anda juga dapat melakukan monitoring terkait crawling yang dilakukan oleh google melalui halaman google search console. Untuk mendaftarkan website di halaman google search console anda dapat mengikuti panduan di link berikut.

Indexing

Setelah crawling dilakukan, maka informasi website hasil crawling akan dianalisis oleh sistem search engine Google untuk dilakukan penyimpanan dalam indexing pada halaman hasil pencarian.

Ranking

Setelah dilakukan indexing, Google akan melakukan pengurutan ranking untuk ditampilkan di halaman search engine result page. Ranking akan ditentukan berdasarkan konten terbaik sesuai dengan algoritma yang digunakan oleh Google.

Penerapan SEO Pada Website

Salah satu alasan kenapa SEO butuh keberlanjutan dan ketelatenan Anda, adalah karena mesin pencarian selalu memperbarui algoritmanya untuk memberikan hasil pencarian yang terbaik. Selalu ikuti perkembangan dan gunakan pendekatan terbaru, agar optimasi SEO yang Anda lakukan bisa bekerja semaksimal mungkin.

Ada dua jenis SEO yang bisa Anda lakukan, yaitu on page SEO dan off page SEO.

On Page SEO

Sesuai dengan namanya, SEO jenis ini merupakan optimasi website yang dilakukan dari dalam, berupa penyesuaian dan pengaturan berbagai elemen yang ada di website. Beberapa upaya yang termasuk on page SEO antara lain:

  • URL yang terformat dengan baik
  • Tidak adanya keyword stuffing, atau usaha untuk memanipulasi peringkat website di mesin pencarian
  • Alt text gambar
  • Memakai heading yang tepat (H1,H2, dan lain-lain)

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam on page SEO.

1. Keyword Research

Keyword atau kata kunci adalah kata spesifik yang diketikkan oleh user di mesin pencarian ketika hendak mencari konten atau informasi tertentu. Pilihlah kata kunci yang tepat untuk mendatangkan traffic organik dari konten yang Anda buat untuk website Anda.

Untuk mengetahui kata kunci apa saja yang sering digunakan oleh user saat mengakses website, Anda perlu melakukan keyword research. Setelah itu, pastikan kata kunci yang ditargetkan ada di judul, heading, dan isi konten Anda.

2. Tinjauan Teknis

Sebagai pengelola website, Anda bisa meringankan kerja mesin pencarian dalam melakukan proses crawling, dengan melakukan beberapa hal ini:

  • Mengelola sitemap
  • Mengganti link-link yang rusak (broken link)
  • Menghindari kesalahan redirect
  • Memperbaiki URL yang error

3. Optimasi

Secara umum, ada tiga hal utama yang wajib website Anda miliki agar bisa teroptimasi dengan baik:

  • Struktur yang baik, sehingga bisa mempermudah mesin pencarian untuk mengidentifikasi halaman-halaman mana saja yang penting di website Anda
  • Navigasi yang mudah, sehingga bisa membuat pengunjung betah berlama-lama di website Anda
  • Konten yang relevan, sehingga berpotensi lebih besar mendatangkan lebih banyak traffic yang berkualitas.

4. User Experience

Sebagai pemilik website, Anda tentu ingin setiap orang yang mengunjungi website Anda merasa puas. Kepuasan pengunjung saat mengakses website Anda ini lah yang kaitannya paling erat dengan user experience.

Menciptakan user experience yang positif, artinya Anda tahu apa yang dibutuhkan dan diinginkan pengunjung, dan memberikan jawabannya di website Anda. Jika website Anda adalah toko online, tawarkanlah produk yang relevan atau sesuai dengan kebutuhan pengunjung. Buat kategori untuk mempermudah proses pencarian produk. Tambahkan pula informasi terperinci di setiap produk yang dipajang pada website, termasuk gambar-gambar yang relevan.

Apabila Anda adalah blogger, menyusun konten berdasarkan kategori akan memberikan kemudahan navigasi bagi para pengunjung situs. Jangan lupa untuk mengatur layout atau tata letak. Tampilan website yang menarik akan mendatangkan pengunjung baru dan membuat mereka bertahan lebih lama.

Dan di atas semuanya, jangan lupa untuk memastikan website Anda memiliki kecepatan loading yang baik. Apapun jenis website yang Anda kelola, berikanlah kemudahan bagi user dalam menjelajahi website Anda dengan kecepatan loading yang maksimal.

Off Page SEO

Meskipun bisa dibilang sifatnya tidak terlalu teknis bila dibandingkan dengan on page SEO, bukan berarti off page SEO tidak kalah penting. Pada dasarnya, off page SEO adalah serangkaian upaya untuk mempromosikan website, agar orang-orang tahu kalau website Anda layak dikunjungi.

Berikut ini, adalah beberapa cara untuk melakukan off page SEO:

1. Content Marketing

Karena tingkat efektivitasnya yang tinggi, belakangan ini content marketing makin sering diandalkan untuk menaikkan peringkat website di mesin pencarian. Beberapa hal yang bisa diraih dengan menerapkan strategi content marketing yang baik dan terstruktur, antara lain:

  • Mendatangkan visitor baru
  • Memengaruhi visitor untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan
  • Membangun reputasi bisnis yang baik

2. Public Relation

Kegiatan public relation (PR) dilakukan agar brand Anda makin dikenal oleh masyarakat. Umumnya, ada anggaran dana tersendiri yang harus disiapkan untuk melakukan praktik PR yang baik. Pentingnya PR atau kehumasan untuk bisnis Anda, antara lain:

  • Membangun brand awareness
  • Memastikan informasi tentang bisnis Anda yang tersebar di masyarakat benar
  • Meningkatkan community relationship

Kaitan SEO dengan Kecepatan Website

Google telah menetapkan bahwa kecepatan loading menjadi faktor penentu peringkat suatu website di mesin pencarian yang diakses melalui perangkat desktop. Pada tahun 2018, perusahaan ini mulai menerapkan aturan yang sama ke perangkat mobile.

Hal yang mendasari keputusan Google ini, pada dasarnya adalah untuk meningkatkan user experience secara umum di internet. Maka, seolah Google “memaksa” website untuk memiliki kecepatan loading yang tinggi, jika ingin mendapatkan peringkat yang tinggi di hasil pencarian. Apabila kecepatannya menurun, Google akan memberikan penalti, otomatis peringkat website di mesin pencarian pun akan semakin turun, dan traffic yang diperoleh juga semakin sedikit.

Hal ini bisa Anda buktikan sendiri dengan mencoba mencari kata kunci apapun di kolom pencarian browser. Website yang muncul di peringkat pertama pasti memiliki kecepatan loading yang lebih baik dibandingkan website yang berada di peringkat bawahnya. Coba gunakan tool seperti GTmetrix untuk mengecek berapa lama waktu yang dibutuhkan website untuk menampilkan halamannya secara sempurna.

Namun, jika dibahas lebih lanjut, mengilustrasikan kecepatan loading sebuah website tidak sesederhana itu. Performa website erat kaitannya juga dengan user behaviour dan SERP (Search Engine Result Page). Kecepatan website tidak melulu hanya tentang angka yang digunakan algoritma pencarian Google untuk mengkalkulasi peringkat halaman. Ada banyak hal yang memengaruhi SEO dari segi waktu loading.

Apabila sebuah website cenderung lambat, pengunjung akan memberikan respon negatif, akibatnya bounce rate menjadi tinggi. Google pun akan melakukan menganalisis aspek lain yang membuat suatu website memperoleh penalti, seperti konten yang tidak berkualitas dan desain dan navigasi yang justru memicu rasa ketidakpuasan user.

Cara Optimasi SEO Pada Website

Berikut adalah beberapa optimasi SEO di website yang dapat anda ikuti.

1. WordPress

Untuk melakukan setting SEO di WordPress, anda dapat menggunakan plugins SEO yang tersedia di CMS WordPress, salah satunya adalah Yoast SEO. Untuk melakukan installasi yoast SEO, anda dapat mengikuti panduan di link ini.

Kemudian optimalkan juga setting di sisi websitenya, antara lain sebagai berikut:

Permalink

Silahkan anda melakukan setting url pada cms wordpress dengan struktur yang mudah dipahami. Contohnya bisa dengan menggunakan struktur url nama-domain.com/nama-post.

struktur permalink wordpress - apa itu seo adalah

Kategori dan tag

Pada CMS wordpress, anda dapat mengelompokkan beberapa artikel kedalam satu kategori atau tag. Hal tersebut bertujuan agar pembaca website dapat lebih mudah menemukan konten yang ingin diakses.

SSL

Penggunaan SSL membuat website anda terlihat lebih secure, terlebih jika terdapat transaksi seperti registrasi user, maupun pembayaran di website anda. Pengunjung website tentu akan lebih nyaman melakukan transaksi pada website yang menampilkan secure di browser.

Website tidak mengandung malware

Hal ini adalah faktor yang cukup penting, karena apabila website anda terinfeksi malware tentunya akan berpengaruh pada reputasi website anda, dan membuat pengunjung tidak ingin kembali mengunjungi website anda. Untuk mencegah website terkena malware, anda dapat mengikut referensi di url berikut.

2. Joomla

Pada CMS joomla secara default sudah disediakan pengaturan untuk SEO standard. Untuk mengakses menu tersebut silahkan mengakses ke menu system -> Global configuration

global configuration joomla

Kemudian silahkan mengaktifkan SEF url dan rewrite ulr pada bagian SEO settings. Untuk panduannya bisa mengunjungi link ini. Agar Rewrite URL dapat berjalan, silahkan melakukan copy file htaccess.txt ke file .htaccess melalui file manager di cPanel.

Weebly

Ada dua cara untuk mengatur SEO di Weebly: yang pertama adalah pengaturan SEO untuk seluruh website, dan yang kedua adalah pengaturan SEO untuk setiap halaman secara individual.

Panduan lengkap setting SEO pada Weebly bisa Anda pelajari pada artikel berikut.

SitePro

SitePro telah dilengkapi dengan fitur SEO yang dapat Anda gunakan untuk setting meta keyword, meta description hingga title. Setting dapat dilakukan secara langsung melalui interface admin SitePro.

Panduan lengkap setting SEO di SitePro bisa Anda pelajari melalui artikel berikut.

Demikian pembahasan terkait apa itu SEO, manfaat, dan optimasi SEO pada website. Semoga dengan panduan ini, website anda semakin mudah ditemukan di search engine dan bisnis anda cepat berkembang.

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Tags: Search Engine Optimization, SEO, Website
Search Engine OptimizationSEOWebsite
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com