...
0

Bulog Transformasi Jadi Perusahaan Rantai Pasok Pangan Andal

RajaBackLink.com
bulog-transformasi-jadi-perusahaan-rantai-pasok-pangan-andal

Jakarta, CNN Indonesia

Perum Bulog mempunyai sejarah panjang selama 57 tahun hingga memiliki rantai pasok pangan terluas dan terbesar di Indonesia.

Pada masa Reformasi, fungsi Bulog berubah dari pembuat regulasi pangan dan operator distribusi pangan menjadi hanya operator distribusi pangan. Perubahan itu memicu kerancuan masyarakat soal tugas BUMN pangan ini, terutama terkait kebijakan impor beras.

Direktur Utama Bulog Bayu Krishnamurthi menjelaskan penentuan kebutuhan impor beras dilakukan melalui koordinasi antarberbagai lembaga pemerintah, termasuk Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, dan Badan Pangan Nasional. Lalu, izin impor dikeluarkan oleh Kementerian Perdagangan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Perum BULOG hanyalah sekedar operator pelaksana,” katanya melalui keterangan resmi, Rabu (17/7).

Ke depannya, Bulog mengidentifikasikan diri menjadi perusahaan rantai pasok pangan. Karena itu, slogan baru Bulog adalah Mengantarkan Kebaikan.

“Kami tidak memiliki produksi dan konsumsi, tetapi kami menghubungkan produksi dan konsumsi pangan itu dengan suatu rantai pasok pangan yang andal,” Bayu menjelaskan.

Ia mengatakan pasokan pangan akan selalu menjadi tantangan, karena orang makan setiap hari, sementara produksi terjadi hanya 3 bulan sekali.

Maka, Bayu menyebut bagian dari transformasi Bulog adalah untuk menjadi pemasok rantai pangan yang tepercaya di tengah situasi itu.

Transformasi yang dilakukan oleh Bulog memiliki empat visi, yaitu kepemimpinan rantai pasok, kepercayaan, pelayanan prima, dan kontribusi kesejahteraan masyarakat.

Salah satu penerapannya dengan memenuhi permintaan masyarakat kelas menengah akan kebutuhan pangan premium.

“Perum Bulog juga mengembangkan sektor bisnis komersial, termasuk di antaranya menyediakan beras kualitas premium yang pulen dan wangi, maupun yang dilengkapi dengan multivitamin,” imbuh Bayu.

Selain itu, Bulog memiliki 16 ribu jaringan ritel yang terdiri dari warung-warung keluarga bernama Rumah Pangan Kita (RPK), yang menyediakan kebutuhan harian keluarga.

Bayu menjelaskan pihaknya juga melakukan huluisasi karena hilirisasi saja tidak cukup. Melalui program Mitra Tani, Bulog mendampingi para petani.

“Termasuk memperbaiki dan membantu mengatasi masalah mereka seperti kekurangan pupuk dan bibit, menjadi penjamin pembiayaan sehingga mitra petani yang menjadi pemasok kami, akan merasa terbantu,” ucapnya.

Saat ini, baru ada 1.000 hektare lahan sawah yang menjadi pilot project mitra Bulog. Namun, ada proyeksi kemitraan hingga mencapai luas 100 ribu hektare sawah melalui berbagai bentuk kemitraan.

“Diharapkan program Mitra Tani bisa menjadi inspirasi bagi program-program serupa lainnya,” pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]

(pta/pta)

Bulog
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com