0

Doa Ketika Mendapat Masalah, Bisa Dibaca untuk Menjaga Kesehatan Menta

RajaBackLink.com
doa-ketika-mendapat-masalah,-bisa-dibaca-untuk-menjaga-kesehatan-menta

CNN Indonesia

Rabu, 04 Okt 2023 19:30 WIB

Masalah selalu datang dalam hidup manusia, baik terkait pekerjaan, keluarga, atau bahkan kesulitan uang. Berikut ini doa ketika sedang mendapatkan masalah.
Ilustrasi. Berikut ini doa yang bisa dibaca ketika sedang ada masalah. (istockphoto/mkitina4)

Jakarta, CNN Indonesia

Masalah selalu datang dalam hidup manusia. Entah itu masalah terkait pekerjaan, keluarga, atau bahkan masalah kesulitan uang. Berikut ini doa ketika sedang mendapatkan masalah.

Terkadang rasanya sulit menghadapi berbagai masalah ini. Anda mungkin merasa masalah-masalah ini terlalu berat hingga sulit untuk diselesaikan.

Meski demikian, Anda tidak harus merasa putus asa. Saat mendapat masalah sebaiknya memohon petunjuk kepada Allah SWT dan meminta pertolongan dari-Nya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Hal ini bisa dilakukan, salah satunya dengan memanjatkan doa saat menghadapi masalah. Doa ini pernah diajarkan Rasulullah SAW kepada putrinya, Siti Fathimah ra untuk menjaga kesehatan mentalnya.

Rasulullah meminta Fatimah mengamalkan doa tersebut setiap hari, yakni di pagi dan sore hari. Berikut doa yang bisa dipanjatkan melansir NU Online:

يَا حَيُّ يَا قَيُّومُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيثُ أَصْلِحْ لِي شَأْنِي كُلَّهُ، وَلَا تَكِلْنِي إِلَى نَفْسِي طَرْفَةَ عَيْنٍ

Yā hayyu, yā qayyūmu, bi rahmatika astaghītsu, ashlih lī sya’nī kullahū, wa lā takilnī ilā nafsī tharfata ‘aynin.

Artinya: Wahai Zat yang maha hidup dan maha kekal abadi, dengan rahmat-Mu aku memohon pertolongan. Bawakanlah kemaslahatan pada segala urusanku. Janganlah Kau biarkan aku sendiri menyelesaikan urusan meski sekejap (HR An-Nasa’i, Ibnu Sunni, Al-Hakim, Al-Baihaqi).

Selain itu, ada juga doa lain yang bisa dibaca saat menghadapi masalah dan untuk menjaga kesehatan mental. Berikut doanya:

اللهُمَّ رَحْمَتَكَ أَرْجُوْ وَلَا تَكِلْنِي إِلَى نَفْسِي طَرْفَةَ عَيْنٍ أَصْلِحْ لِي شَأْنِي كُلَّهُ لَا اِلَهَ اِلَّا أَنْتَ

Allāhumma, rahmataka arjū, wa lā takilnī ilā nafsī tharfata ‘aynin, ashlih lī sya’nī kullahū, lā ilāha illā anta.

Artinya: Ya Allah, kepada rahmat-Mu kuberharap. Janganlah Kau biarkan aku sendiri menyelesaikan urusan meski sekejap. Bawakanlah kemaslahatan pada segala urusanku. Tiada Tuhan selain Engkau (HR Bukhari dalam Kitab Al-Adabul Mufrad).

Itulah doa yang bisa diamalkan ketika menghadapi masalah yang cukup berat, agar kesehatan mental tetap terjaga.

(tst/pua)

[Gambas:Video CNN]

Ketika
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com
RajaBackLink.com
Postingan Lainnya
RajaBackLink.com