...
0

Film Korea Cobweb Digugat dan Diminta Batal Tayang

RajaBackLink.com
film-korea-cobweb-digugat-dan-diminta-batal-tayang

Jakarta, CNN Indonesia

Keluarga mendiang sutradara Kim Ki-young mengajukan perintah menghentikan rencana penayangan Cobweb. Film terbaru Song Kang-ho itu dinilai menggambarkan si sutradara secara negatif.

Anthology Studios selaku rumah produksi menyatakan Cobweb bukan biografi sutradara Kim Ki-young. Film tersebut pun dijadwalkan rilis 27 September di Korea.

Korea JoongAng Daily pada Kamis (14/9) memberitakan gugatan itu diajukan Kim Dong-yang, putrad sutradara Kim Ki-young. Gugatan itu sudah dibawa ke persidangan di Pengadilan Distrik Pusat Seoul.

Persidangan yang berlangsung pada Rabu (13/9) itu memiliki agenda peninjauan gugatan dari penggugat oleh majelis hakim.

“Sutradara Kim Jee-won yang membuat film tersebut, dalam wawancara mengatakan mendiang sutradara Kim Ki-young (sebagai inspirasi),” kata pihak keluarga dalam persidangan.

[Gambas:Video CNN]

“Ketika Cobweb diundang ke Cannes International Film Festival, nama karakter utamanya Kim Ki-yeol, bukan yang sekarang atau hanya Sutradara Kim, penampilannya juga mengenakan kacamata dan memegang rokok pipa yang mengingatkan orang-orang pada Kim Ki-young.”

Cobweb mengambil latar 1970-an kala sutradara Kim Ki-yeol yang terobsesi syuting ulang bagian akhir film yang telah ia selesaikan. Sutradara Kim merasa ending baru akan buat filmnya jadi masterpiece.

Namun, obsesi itu membuatnya berhadapan dengan permasalahan sensor dan komplain dari para aktor dan produser yang sama sekali tidak memahami dari akhir baru yang disiapkan.

Menanggapi hal itu, keluarga menilai karakter Kim Ki-yeol menggambarkan mendiang Kim Ki-young secara negatif dan menjadi pelanggaran terhadap personality rights sang sutradara.

Kim Ki-young merupakan salah satu sutradara ternama di era awal perfilman Korea. Ia merupakan sosok di balik The Housemaid, salah satu film terbaik Korea.

Terpisah, Anthology Studios membantah tuduhan tersebut. Mereka menyatakan Cobweb bukan berdasarkan kehidupan Kim Ki-young, melainkan memberi penghormatan kepada para sutradara pada era 1970-an.

Mereka juga menegaskan Cobweb bukan film biografi Kim Ki-young atau sosok lainnya. Sehingga, tim produksi memberikan disklaimer di awal film bahwa Cobweb sama sekali tidak ada hubungan dengan orang tertentu.

“Kami dengan tulus meminta maaf kepada keluarga mendiang sutradara yang khawatir. Namun, karakter utama Cobweb sepenuhnya fiksi yang merefleksikan sutradara atau kreator secara umum pada periode waktu itu,” keterangan rumah produksi.

Film Korea Cobweb (2023)Song Kang-ho memerankan sutradara Kim Ki-yeol dalam film Korea Cobweb (2023). (Anthology Studios via Hancinema)

Cobweb bertabur begitu banyak bintang ternama, mulai dari Song Kang-ho, Im Soo-jung, Oh Jung-se, Jeon Yeo-been, hingga Krystal Jung.

Film tersebut diarahkan Kim Jee-won yang dikenal lewat banyak film, seperti A Tale of Two Sisters, A Bittersweet Life, The Good the Bad the Weird, I Saw the Devil, The Age of Shadows, hingga Illang: The Wolf Brigade.

Cobweb tayang perdana di Cannes International Film Festival pada 25 Mei, seluruh pemeran dan sutradara hadir dalam kesempatan itu. Hingga kini, film itu masih dijadwalkan tayang 27 September di Korea.

Belum ada informasi detail mengenai rencana penayangan Cobweb di Indonesia.

[Gambas:Youtube]

(chri)

Korea
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com