...
0

Gubernur Bali Klaim Menkumham Setuju Batasi Visa on Arrival

RajaBackLink.com
gubernur-bali-klaim-menkumham-setuju-batasi-visa-on-arrival

Gubernur Bali mengklaim Menkumham sudah setuju untuk pembatasan visa on arrival, namun Menlu masih mengkaji agar tak terjadi diskriminasi. Gubernur Bali, Wayan Koster saat rapat Paripurna ke-19 di Gedung DPRD, Bali, Senin (19/6). (Dok. Humas DPRD Bali)

Denpasar, CNN Indonesia

Gubernur Bali Wayan Koster mengatakan Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly setuju soal usulan pembatasan Visa on Arrival (VoA) bagi wisatawan mancanegara (wisman) yang ke Pulau Dewata.

Sebagai informasi, sebelumnya Koster mengusulkan ke Kemenkumham untuk mencabut visa on arrival bagi warga negara Rusia dan Ukraina yang ingin berkunjung ke Bali.

Gubernur Koster mengatakan usulan untuk mengevaluasi VoA masih memerlukan kajian dari Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) agar tidak terkesan diskriminatif, dan saat ini sedang dibahas.

“Saya sudah bicara langsung dengan bapak Menteri Menkumham, sebenarnya beliau setuju tapi Ibu Menlu (Menteri Luar Negeri Retno Marsudi) masih memerlukan kajian, agar tidak ada kesan diskriminatif hanya melakukan pembatasan visa on arrival untuk negara tertentu saja,” kata Koster, saat memberikan jawaban pandangan umum terhadap fraksi-fraksi pada Rapat Paripurna DPRD Bali ke-19, di Gedung DPRD Bali, Senin (19/6).

“Seharusnya sih, kita tidak perlu memerhatikan itu. Karena kasus hanya terjadi di Bali, kalau itu dibiarkan terlalu lama, saya kira kita akan makin rusak. Jadi, karena itu saya sedang terus mendorong agar evaluasi visa on arrival ini bisa diberlakukan untuk negara-negara yang memang layak diberikan,” imbuhnya.

Ia juga menyebutkan saat ini VoA diberikan untuk pendatang dari 92 negara. Koster mengatakan sebenarnya pemberlakuan VoA di Bali atas desakan pelaku pariwisata yang menginginkan percepatan pemulihan dan bangkitnya pariwisata Bali setelah Pandemi Covid-19.

“Sebenarnya pemberlakuan visa on arrival ini juga merupakan desakan pelaku pariwisata dalam rangka percepatan pemulihan pariwisata dan bangkitnya pariwisata di Bali lagi. Kita minta kepada pemerintah pusat untuk menambah visa on arrival, terus bertambah dari 27 (negara) 44 (negara)!kemudian 80 (negara) dan sekarang 92 (negara),” ujarnya.

Sebelumnya, Koster mengusulkan kepada Kemenkumham Republik Indonesia untuk mencabut visa on arrival (VoA) bagi warga negara Rusia dan Ukraina yang ingin berkunjung ke Bali.

“Saya sudah bersurat kepada Menkumham tembusan kepada Menlu untuk mencabut visa on arrival bagi warga Rusia dan Ukraina yang ingin ke Bali,” kata Wayan Koster dalam konferensi pers di Kanwil Kemenkumham Bali pada 12 Maret lalu.

Kebijakan tersebut, kata Koster, penting mengingat maraknya laporan bahwa warga negara asing dari dua negara tersebut melakukan pelanggaran di Bali dengan memakai kedok untuk melakukan kunjungan wisata ke Bali. Selain itu, kondisi negara yang sedang berkonflik membuat warga dari dua negara ingin mencari kenyamanan di Bali.

(kdf/kid)

[Gambas:Video CNN]

Gubernur
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com